Pemkab Tapin Berikan Reward Pengelola Bumdes yang Menghasilkan Pades

Teks foto Pj Bupati Tapin M Syarifuddin menyerahkan reward kepada pengelola Bumdes di Tapin yang telah menghasilkan pendapatan asli desa selama dua tahun berturut-turut.(ist)(kalselpos.com)

Rantau, kalselpos.com – Sebagai bentuk penghargaan terhadap Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang telah menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PADes), Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) memberikan reward kepada pengurus Bumdes di Kabupaten Tapin. Selasa (2/7/2024) malam Bertempat Ballroom Calamus Hotel Rattan Inn Banjarmasin.

Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin secara langsung menyerahkan reward kepad apengelola Bumdes dan memberikan satu buah laftop kepada masing-masing camat di 12 Kecamatan Se Tapin. sekaligus pembukaan workshop reward bumdes pades kabupaten tapin tahun 2024.

Bacaan Lainnya

Pj Bupati Tapin dalam sambutannya menyampaikan, dalam peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2021 tentang badan usaha milik desa, bumdes didirikan untuk menjalankan usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan pelayanan dan jenis usaha lainnya untuk kesejahteraan masyarakat desa.

“Pendirian bumdes menjadi penting karena bertujuan untuk memeratakan kesejahteraah dibidang perekonomian desa, pendapatan asli desa dan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, “ ujarnya.

Pada kesempatan ini kepada pengelola Bumdes yang mendapatkan reward saya ucapkan selamat dan terus tingkatkan dalam pengelolaannya serta kepada peserta agar dapat mengikuti workshop dengan sebaik-baiknya, sehingga kedepan terus bersemangat dalam mengelola bumdesnya.

Sementara Kepala Dinas PMD Rahmadi melaporkan, workshop reward bumdes pades Kabupaten Tapin tahun 2024 mengangkat bersama gepprek pedes membangun bumdesa Tapin Maju dan Berkelas”.

“Tujuan pelaksanaan Workshop Reward Bumdes Pades Kabupaten Tapin tahun untuk membangun dan mengembangkan jiwa kewirausahaan, profesionalisme, membangun karakter, kerjasama serta tata kelola dalam pengelolaan bumdes sebagai pilar percepatan pengembangan perekonomian desa, “ ujarnya.

Berharap dengan workshop ini, pengelola bumdes se Tapin dapat merancang, mengembangkan program dan kegiatan berskala desa. Memaksimalkan produk unggulan desa sehingga mampu mempercepat pencapaian pola pembangunan berkelanjutan berskala desa.

Sementara penyerahan reward kepada pengola bumes sebagai bentuk penghargaan terhadap Bumdes yang telah menghasilkan Pades selama 2 (dua) tahun berturut-turut.
Peserta workshop Camat, Kasi Perekonomian, Pendamping Desa dan pendamping lokal desa P3MD, Kepala Desa dan Pengelola Bumdesa se-Kabupaten Tapin.
Kegiatan workshop berlangsung selama 3 hari tanggal 02 – 04 Juli 2024 bertempat di Hotel Rattan Inn Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan.
Sekedar diketahui bahwa berdasarkan rekapitulasi data sampai dengan hari ini, jumlah Bumdesa aktif di Kabupaten Tapin mencapai 98 Bumdes dari Total 126 desa. Sebanyak 86 bumdes aktif sepanjang tahun 2023 telah menghasilkan pendapatan asli desa (pades) yang jumlahnya mencapai Rp581.543.308.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait