Pj Bupati Tapin Buka Bimtek Peningkatan Peran lintas Sektor Pembangunan Kampung KB 

Teks foto  Pembukaan Bimbingan teknis  peningkatan peran lintas sektor dan mitra kerja dalam pembangunan kampung KB melalui pemberdayaan keluarga dan kelompok kegiatan di Kota Semarang.(ist)(kalselpos.com)

Rantau, Kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dan TP PKK Kabupaten Tapin menggelar bimbingan teknis peningkatan peran lintas sektor dan mitra kerja dalam pembangunan Kampung Keluarga Berencana (Kampung KB) melalui pemberdayaan keluarga dan kelompok kegiatan. Jumat (28/06/2024) bertempat di Novotel Semarang.

 

Bacaan Lainnya

Bimbingan teknis diselenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dan Tim Penggerak PKK Tapin ini dibuka secara resmi oleh Pj Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin dengan peserta bimtek pengurus Tim Penggerak PKK Tapin.

 

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Hj Ahlul Janah mengatakan, Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) adalah satuan wilayah setingkat kelurahan dimana terdapat integrasi dan konvergensi penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensinya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga dan masyarakat.

 

“Tujuan pengelolaan Kampung Keluarga Berkualitas adalah Meningkatkan Kualitas Hidup Keluarga dan Masyarakat,” bebernya.

 

Adapun peserta adalah Tim Penggerak PKK Tapin sementara Nara sumber langsung dari BKKBN Republik Indonesia Siti Fathonah, dan Plt Kepala perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan Nyigit Wudi Amini dan TP PKK Kota Semarang, Mochammad Irsyad Muchyidin.

 

Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin dalam sambutannya mengatakan Kampung KB merupakan salah satu upaya mendekatkan pelayanan program kependudukan keluarga kepada masyarakat.

 

“Ini sesuai mengaktualisasikan fungsi keluarga seperti Agama, budaya, kasih sayang, perlindungan, reproduksi, pendidikan, ekonomi, dan pembinaan keluarga,” jelasnya.

 

Dijelaskan Syarifuddin, bahwa pada tahun 2023 lalu, semua Desa dan Kelurahan di Kabupaten Tapin telah dicanangkan menjadi kampung KB, sehingga memudahkan pemerintah daerah dan stakeholders terkait dalam melakukan pembinaan kepada masyarakat khususnya dalam program kependudukan berencana.

 

“Adanya program ini untuk memfokuskan dalam pencegahan stunting di setiap desa,” ujarnya.

 

Syarifuddin berharap melalui Bimtek ini semua lintas sektor dan stakeholders terkait agar dapat bersama – sama mewujudkan  kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tapin.

 

Turut hadir Sekda Tapin Dr Sufiansyah, Kepala Dinas PUPR Rizkan Noor, Kepala Dinas LH Nordin dan Jajaran DPPKB Tapin.

 

Sebelum bimtek digelar Pemerintah Kab Tapin memberikan cendra mata kepada BKKBN Pusat, BKKBN Prov Kalsel dan TP PKK Kota Semarang.

 

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait