PWI Kalteng Gelar Diskusi Publik, Kapolda Imbau Masyarakat Tak Terprovokasi Berita Hoaks

Teks foto: Kapolda Kalteng, Kasrem 102 Panju Panjung, Aspidsus Kejati, dan anggota GAPKI Kalteng saat menjadi narasumber pada acara Diskusi Publik yang digelar PWI Kalteng di Palangka Raya, Kamis (20/6). (Istimewa)(kalselpos.com)

Palangka Raya, kalselpos.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Diskusi Publik dengan tema, “Mengawal Pilkada Serentak Kalteng 2024, Pilkada Sukses Keamanan Terjaga”.

 

Bacaan Lainnya

Bertempat di Ballroom Swiss Belhotel Danum, Jl. Tjilik Riwut Km.5, Kota Palangka Raya, Kamis (20/6/2024) diskusi tersebut menghadirkan narasumber Kapolda Kalteng, Kasrem 102 Panju Panjung, Aspidsus Kejati, dan anggota GAPKI Kalteng.

 

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto menyampaikan terkait langkah dan strategi Polri dalam menjaga keamanan, ketertiban dan lancarnya pelaksanaan Pilkada serentak 2024 di Provinsi Kalteng.

 

“Salah satunya ialah dengan menjalin komunikasi, koordinasi dan kolaborasi yang baik dengan instansi terkait sehingga tercipta Pilkada yang aman dan nyaman,” terangnya.

 

Irjen Djoko menyebut bahwa kepolisian mempunyai tiga tugas pokok utama, yaitu harkamtibmas, penegakan hukum yang berkeadilan, serta sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat.

 

“Hal inilah yang diharapkan mampu mewujudkan kolaborasi yang efektif dan efisien dalam rangka mewujudkan Pilkada yang aman dan nyaman,” ucap dia.

 

Selanjutnya, dia juga memberikan gambaran terkait kondisi di Kalteng, diantaranya potensi dan ambang gangguan serta gangguan nyata, seperti konflik sosial yang harus dapat dikelola dengan baik, sehingga masyarakat akan lebih aman dan nyaman.

 

“Saat ini kami sudah membentuk Satgas Penyelesaian Konflik Sosial (PKS) dengan melibatkan semua elemen masyarakat dan stakeholder terkait dengan merencanakan upaya-upaya dalam pencegahan dan penanganan potensi gangguan tersebut,” ujarnya.

 

Lebih lanjut, Irjen Djoko menegaskan komitmen untuk menjamin keamanan selama proses Pilkada, dengan menurunkan 5.378 personel, guna mengamankan setiap tahapan Pilkada serentak 2024 di Provinsi Kalteng.

 

Tidak hanya itu, ia juga mengajak seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat untuk bersama-sama mensukseskan jalannya Pilkada sehingga proses demokrasi dapat berjalan lancar dan damai.

 

Diakhir kesempatan Kapolda mengimbau masyarakat agar selalu waspada dan tidak terpengaruh ataupun terprovokasi dengan penyebaran hoaks atau berita bohong dan ujaran kebencian yang berpotensi menimbulkan polarisasi yang dapat memecah belah keutuhan masyarakat dengan selalu mengedepankan saring sebelum sharing.

 

Hadir dalam Diskusi Publik ini Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo, Ketua PWI Pusat Hendry CH Bangun, Ketua PWI Kalteng, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), unsur Forkopimda, wartawan media cetak, online maupun elektronik dan mahasiswa dari sejumlah universitas yang ada di Kota Palangka Raya.

 

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait