Kapolda Kalteng Terima Piagam Penghargaan Sahabat Pers 

Teks foto: Ketua PWI Pusat Hendry CH Bangun menyerahkan Piagam Penghargaan Sahabat Pers PWI Kalteng kepada Kapolda Kalteng Irjen Pol Djoko Poerwanto di Palangka Raya, Kamis (20/6). (Istimewa)(kalselpos.com)

Palangka Raya, kalselpos.com – Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) Irjen Pol. Djoko Poerwanto menerima Piagam Penghargaan Sahabat Pers Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalteng, atas kemitraan yang terjalin sangat baik dengan insan pers.

 

Bacaan Lainnya

Piagam penghargaan diserahkan oleh Ketua PWI Pusat Hendry CH Bangun keoada Kapolda Kalteng Irjen Pol Djoko Poerwanto saat menjadi narasumber Diskusi Publik yang digelar PWI Kalteng dengan tema, “Mengawal Pilkada Serentak Kalteng Tahun 2024, Pilkada Sukses Keamanan Terjaga,” Kamis (20/6) di Palangka Raya.

 

Irjen Pol Djoko Poerwanto diakui telah menunjukkan perhatian yang signifikan terhadap pentingnya peran pers dalam masyarakat, serta telah aktif mendukung berbagai kegiatan yang melibatkan media.

 

Pemberian penghargaan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi para pejabat lainnya untuk terus mendukung kebebasan pers dan mempererat hubungan dengan media.

 

Ketua PWI Pusat Hendry CH Bangun menyampaikan, pemberian penghargaan itu merupakan upaya PWI untuk menjalin silaturahmi, jaringan/jejaring dengan stakeholder karena PWI merupakan organisasi wartawan yang bisa bekerja dengan siapa saja.

 

“Namun tidak menghilangkan kekritisan kita sebagai insan pers. Jaga hubungan baik dengan siapa saja, bukan menjaga jarak. Apalagi TNI dan Polri berperan besar di masyarakat,” terangnya.

 

Ia menekankan, di mana pun di dunia ini wartawan harus bisa berteman dengan siapa saja, bisa jaga independensi, tidak mudah terpengaruh. Itu adalah tuntutan pekerjaan profesi wartawan.

 

“Kapolda Kalteng dan Danrem 102 Panju Panjung layak terima penghargaan dari PWI, karena mereka sebagai pimpinan tertinggi institusi di Kalteng. Kita berteman dengan siapa saja yang membantu tugas-tugas kita sebagai wartawan, memberikan support baik moril maupun materiil,” tandasnya.

 

Sementara itu Kapolda Kalteng Irjen Pol. Djoko Poerwanto mengucapkan, terima kasih yang tak terhingga kepada PWI Pusat dan PWI Provinsi Kalteng yang telah memberikan penghargaan kepada dirinya, yakni sebagai mitra insan pers yang selama ini telah banyak membantu dalam mempublikasikan kegiatan Polri di Kalteng.

 

Irjen Pol. Djoko Poerwanto menyampaikan harapannya kepada insan pers dapat menyampaikan informasi yang akurat, berimbang, dan objektif. Berita yang disajikan harus berdasarkan fakta yang jelas dan dapat dipercaya sehingga tidak menimbulkan kebingungan atau kepanikan di masyarakat.

 

Kemudian, insan pers dapat mendukung upaya kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban dengan menyebarkan informasi yang konstruktif, pers dapat membantu mencegah penyebaran hoaks dan isu-isu yang dapat memicu ketidakstabilan.

 

Lalu, terwujudnya hubungan kerja yang baik antara kepolisian dan media. Kerjasama ini penting untuk memastikan bahwa informasi yang disampaikan kepada publik adalah tepat dan bermanfaat. Kemudian, menegakkan etika jurnalistik dalam menjalankan tugasnya. Hal ini termasuk menjaga privasi individu, tidak menyebarkan fitnah, dan menghormati hak asasi manusia.

 

Dan, berperan edukatif. Artinya media diharapkan dapat memainkan peran edukatif dalam masyarakat dengan memberikan informasi yang mendidik dan bermanfaat. Ini termasuk menyebarkan pengetahuan tentang hukum dan peraturan, serta mendukung program-program kepolisian yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat.

 

“Saya sampaikan melalui harapan-harapan tersebut, peran media dalam menciptakan masyarakat yang lebih informatif, aman, dan sejahtera. Dukungan pers yang positif dan konstruktif sangat dibutuhkan dalam menjalankan tugas-tugas kepolisian secara efektif,” tandasnya.

 

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait