Pemkab HSU Kick Off Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting 

Teks foto:  Pemkab HSU Kick Off pencegahan stunting. (diskominfosandi)(kalselpos.com)

Amuntai, Kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dengan tegas akan menurunkan angka stunting sebagai prioritas bersama. Hak ini, tentunya sebagai bentuk upaya pencegahan atau penurunan stunting di daerah Kabupaten HSU.

 

Bacaan Lainnya

Hal itu pula yang diutarakan, Pj Bupati HSU Zakly Asswan saat kegiatan kick off pengukuran dan intervensi serentak pencegahan stunting di HSU, bertempat di aula KH Idham Chalid, Senin (10/6/2024).

 

Zakly Asswan mengatakan, stunting adalah ancaman nyata yang dapat menghambat pertumbuhan fisik dan kognitif anak-anak. Lebih dari itu ia menyebut, stunting juga mengancam tercapainya generasi emas Indonesia pada umumnya dan generasi emas di Kabupaten HSU pada khususnya.

 

“Pencegahan stunting harus menjadi prioritas kita bersama,” ujarnya.

 

Ia menjelaskan, adapun sasaran pelaksanaan pengukuran dan intervensi serentak ini ditujukan kepada ibu hamil, balita, dan calon pengantin, yang dimana program tersebut akan dilaksanakan pada bulan juni 2024.

 

Gerakan Kick Off, sebagai tujuan untuk meningkatkan cakupan kunjungan sasaran ke posyandu, mendeteksi dini masalah gizi melalui pengukuran antropometri, memberikan edukasi pencegahan stunting, dan melakukan tindakan intervensi segera pada sasaran bermasalah gizi yang telah diverifikasi oleh tenaga kesehatan di puskesmas.

 

“terlaksananya kegiatan ini menjadi langkah awal dari implementasi yang lebih luas dan mendalam,” imbuhnya.

 

Maka dari itu, perlu dukungan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian, sebab sangat penting, “Saya berharap kita semua dapat bekerja sama dengan baik, saling mendukung, dan bersinergi untuk mewujudkan generasi emas yang sehat dan cerdas di HSU,” harapnya.

 

Pada kegiatan kick off pengukuran dan intervensi serentak pencegahan stunting di HSU ini, disampaikan paparan materi terkait stunting oleh Kepala Dinkes HSU Mochammad Yandi Friyadi dan Kepala DPPKB HSU Lily Inderiani, serta dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama dukungan pelaksanaan Harus Semangat Usaha Basamaan Turunkan Stunting (HSU Bauntung).

 

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait