Pemkab Kotim Dukung Penguatan Karakter Peserta Didik

Teks foto: Wakil Bupati Kotim Irawati saat membuka Gebyar Talenta Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SDN Mentawa Baru Hulu, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Senin (10/6/2024). (Foto: Istimewa/Prokopim Kotim)(kalselpos.com)

Sampit,kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) mendukung seluruh sekolah melakukan penguatan dalam membentuk karakter peserta didik agar peserta didik tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga mempunyai kemampuan mental yang mumpuni.

Harapan itu disampaikan Wakil Bupati Kotim Irawati saat membuka Gebyar Talenta Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SDN Mentawa Baru Hulu, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Turut hadir dalam acara ini Kepala Dinas Pendidikan Muhammad Irfansyah.

Bacaan Lainnya

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur mengapresiasi atas acara kegiatan Gebyar Talenta P5 di SDN 3 Mentawa Baru Hulu,” kata Irawati, Senin (10/6/2024).

Menurut Irawati, kegiatan ini perlu dioptimalkan karena merupakan bentuk pengimplementasian Kurikulum Merdeka terhadap perserta didik kelas 1, 2, 4, dan 5 tahun pelajaran 2023/2024.

Untuk diketahui bersama proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) adalah pdmbelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitarnya.

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek (project based learning). Ini berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas.

Dengan kegiatan P5 ini diharapkan dapat mengoptimalkan kemampuan peserta didik menguatkan karakter pencapaian profil Pancasila, membentuk insan religius, mandiri, disiplin, kreatif dan berani.

“Pendidikan adalah fondasi utama bagi kemajuan bangsa. Sejalan dengan itu, penguatan profil pelajar Pancasila adalah upaya strategis dalam mencetak generasi penerus yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki karakter kuat yang berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila,” jelas Irawati.

Dia menambahkan, inisiatif ini sangat penting dalam membentuk siswa yang tidak hanya kompeten dalam bidang akademik, tetapi juga memiliki integritas, toleransi, dan semangat gotong royong yang tinggi.

Irawati juga berpesan kepada siswa-siswi sebagai harapan bangsa karena ditangan merekalah masa depan negeri ini ditentukan.

“Manfaatkan setiap kesempatan untuk belajar dan mengembangkan diri. Jadilah generasi yang berprestasi, yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai luhur pancasila dalam setiap tindakan dan perilaku,” pesannya.

Kepada para pendidik dan orang tua, Irawati mengingatkan bahwa peran mereka sangat penting dalam mendukung keberhasilan projek ini. Kerja sama yang baik antara sekolah dan keluarga akan menjadi kunci utama dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan inspiratif bagi anak-anak.

“Semoga kegiatan ini memberikan manfaat yang besar dan berkelanjutan bagi seluruh peserta didik. Mari kita bersama-sama bekerja keras dan berkomitmen untuk mencetak generasi emas yang akan membawa Kotawaringin Timur, dan Indonesia pada umumnya, menuju masa depan yang lebih gemilang,” pungkas Irawati.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait