Polres HSU gelar Pembinaan Kemampuan Kasatkamling

Teks foto: Kasatkamling diberikan materi untuk peningkatan kemampuan. (humas)(kalselpos.com)

Amuntai, kalselpos.com – Polres Hulu Sungai Utara (HSU) melaksanakan pembinaan peningkatan kemampuan bagi Kasat Keamanan Lingkungan (Kasatkamling) di lingkup Polres HSU untuk tahun 2024.

Pembinaan peningkatan kemampuan tersebut diselenggarakan Direktorat Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polda Kalsel, Senin (3/6/2024) di aula Jananuraga Polres HSU.

Bacaan Lainnya

Kapolres HSU AKBP Meilki Bharata, SH.,S.I.K melalui Ps Kasi Humas IPDA Aris Sufariyadi menyampaikan, kegiatan tersebut untuk meningkatkan pengetahuan dan kesiapsiagaan Kasatkamling dalam mencegah dan menghadapi potensi gangguan Kamtibmas di lingkungan kelurahan.

“Kami mengundang 20 Kasatkamling dari masing-masing kelurahan di wilayah hukum Polres HSU untuk mengikuti pelatihan ini,” katanya.

Peserta selama kegiatan terlihat sangat antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, termasuk sesi tanya jawab dan diskusi dengan para narasumber.

Narasumber dari Polda Kalsel, KOMPOL Anna Setiani, AKP Gatoot Sisworo, AIPTU Agus Setiyawan, dan IPTU Syaifullah yang memberikan materi terkait peningkatan kemampuan Kasatkamling dalam mencegah dan menghadapi gangguan Kamtibmas di lingkungan kelurahan.

“Kami berharap, melalui kegiatan ini, kemampuan dan kesiapsiagaan Kasatkamling di wilayah hukum Polres HSU dapat meningkat, sehingga mereka dapat berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di lingkungan masing-masing,” tutup Kasi Humas.

Tidak hanya dari kepolisian. Materi juga diberikan oleh Satpol dan Damkar HSU. Kasatkamling dilatih memadamkan api skala kecil.

Latihan ini dilaksanakan di Halaman Mapolres HSU dan sebagai instruktur anggota Pemadam Kebakaran dari Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran HSU.

Plh Kabid Linmas dan Damkar Muhammad Fadillah, Selasa (4/6/2024) mengatakan, pelatihan peningkatan kapasitas Kasat Kamling ini diselenggarakan Polres HSU, dan Damkar diminta untuk mengisi materi.

Selain pemberian materi, para Kasat Kamling berkesempatan melakukan praktek cara mengatasi api berskala kecil seperti api akibat kebocoran kompor, api di wajan dan lainnya.

Untuk mematikan api berskala kecil sendiri dapat dipadamkan dengan berbagai cara, misal ada wajan yang menyala, tinggal ambil kain basahi lalu tutupi wajan tersebut atau semprot menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (Apar).

Tentunya dengan pelatihan untuk para Kasat Kamling yang selenggarakan Polres HSU ini kedepannya akan sangat membantu para petugas pemadam kebakaran.

“Kegiatan ini penting sebagai upaya mengantisipasi terjadi kebakaran, khusus di lingkungan kelurahan dan desa di HSU,” katanya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait