Disarsipus Kotabaru laksanakan  Bimtek Pembinaan Perpustakaan 

Teks: Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi pengelola dan pembinaan se-Kabupaten Kotabaru, bertempat di Ruang Referensi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kamis (18/4/2024).(kalselpos.com)

Kotabaru, kalselpos.com – Untuk meningkatkan kompetensi bagi para pengelola perpustakaan baik di tingkat desa maupun sekolah maka Pemerintah Daerah melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kotabaru menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi pengelola dan pembinaan se-Kabupaten Kotabaru bertempat di Ruang Referensi Dinas setempat, Kamis (18/4/2024).

 

Bacaan Lainnya

Bimtek tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kotabaru Ir. Kamirudin serta dihadiri oleh Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Selatan Adethia Hailina, Koordinator Pembinaan Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kotabaru Sofyan Hamid, dan para peserta pengelola perpustakaan baik di desa maupun di sekolah.

 

Dalam sambutannya Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kotabaru Kamirudin menyampaikan, perpustakaan desa merupakan sarana peningkatan kualitas SDM yang mudah dijangkau oleh masyarakat.

 

“Kami menghimbau untuk menjadikan perpustakaan desa dan sekolah sebagai sumber belajar masyarakat,” ujar Kadis Disarsipus Kotabaru.

 

“Saya meminta agar dapat mensosialisasikan tentang keberadaan perpustakaan beserta manfaatnya bagi kualitan SDM masyarakat pedesaan,” terangnya.

 

Hal senada juga dikatakan oleh Adethia Hailina Kabid Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Selatan bahwa, Bimtek ini tujuannya adalah mengajarkan pengetahuan tentang bagaimana perpustakaan yang standard sesuai dengan ketentuan

perpustakaan nasional.

 

“Pada tahun 2024 ini kami akan persiapkan untuk akreditasi perpustakaan desa dan sekolah dengan harapan adanya persiapan akreditasi ini sudah lebih peduli terhadap perpustakaan,” ucapnya.

 

Sementara itu Koodinator Pembinaan Perpustakaan Kotabaru Sofyan Hamid juga mengatakan,

peserta yang diikuti Bimtek ini adalah pengelola atau pengurus perpustakaan desa dan sekolah se-Kabupaten Kotabaru.

 

“Untuk itu kami mengajak secara pelan-pelan pada pengelola khusus disekolah karena tiap tahun pengelola perpustakaan diganti, unsur dari sekolah adalah indeks literasi pembangun masyarakat,” ungkapnya.

 

“Dan untuk perpustakan desa mampu untuk menyerap anggaran karena Pemerintah sudah meng alokasi dana desa terutama dari segi bidang perpustakaan,” tandasnya.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait