Tiga DPRD dari Pulau Jawa Laksanakan Studi Banding ke DPRD Banjarbaru 

Banjarbaru,

Teks foto
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Banjarbaru menerima kunjungan kerja (Kunker) DPRD DPRD Kabupaten Lamongan, Mojokerto dan Jombang.(ist)

– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Banjarbaru menerima kunjungan kerja (Kunker) DPRD DPRD Kabupaten Lamongan, Mojokerto dan Jombang.

Bacaan Lainnya

 

 

Ketiga wakil rakyat asal daerah dari Pulau Jawa itu datang ke Kota Idaman untuk melakukan studi banding terkait berbagai permasalahan.

 

 

 

Wakil Ketua II DPRD Banjarbaru Napsiani Samandi mengatakan pihaknya telah menyambut DPRD Kabupaten Lamongan, Mojokerto dan Jombang yang berkunjung ke Gedung DPRD Banjarbaru.

 

 

 

 

“Kami menyambut kunker DPRD dari tiga daerah dan kedatangan mereka sesuai tujuan masing-masing yang tentu telah diagendakan sebelum menuju DPRD Kota Banjarbaru,” ujar Napsiani usai menerima rombongan.

 

 

 

Menurut Napsiani, beragam topik yang dibawa setiap komisi DPRD, antara lain berkaitan Laporan Pertanggungjawaban (LPj) kepala daerah, Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga pengawasan terhadap sumber daya alam.

 

 

 

Napsiani menuturkan pihaknya tidak memberikan saran terhadap pengawasan sumber daya alam karena Kota Banjarbaru tidak memiliki sumber daya alam sebagaimana daerah lain di Provinsi Kalsel.

 

 

 

“Kami hanya memberikan saran dan masukan terkait pembuatan LPj kepala daerah dan upaya yang terus dilakukan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah baik sektor pajak maupun retribusi,” ungkapnya.

 

 

 

Ketua rombongan DPRD Kabupaten Jombang Erna Kuswati menuturkan tujuan kunker untuk mengetahui sejauh mana wawasan kebangsaan disosialisasikan kepada masyarakat di Kota Banjarbaru.

 

 

“Kami ingin mengetahui sejauh mana wawasan kebangsaan yang diketahui generasi muda di Kota Banjarbaru mulai tingkat atas hingga bawah sehingga tetap tumbuh dan berkembang,” ungkapnya.

 

 

 

Dikatakan Erna, saat ini wawasan kebangsaan bagi generasi muda relatif sangat kurang sehingga siap berupaya menumbuhkan semangat berbangsa bagi setiap warga negara itu dengan DPRD Kota Banjarbaru.

 

 

 

“Kami sengaja mengambil topik tentang wawasan kebangsaan bagi generasi muda yang relatif kurang tumbuh dan berkembang. Bahkan, ada anak-anak sekolah yang tidak hapal Pancasila sehingga membuat sangat miris,” ucapnya.

 

 

 

Erna menyebutkan Pemkab Jombang sudah mulai menggelar pelatihan tentang wawasan kebangsaan yang diimbangi pembuatan rancangan peraturan daerah tentang wawasan kebangsaan yang tengah disusun.

 

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait