Sekda Tapin Buka Musrenbang Gabungan Kecamatan Bungur dan Lokpaikat

Teks foto  Sekertaris Daerah Kabupaten Tapin Dr Sufiansyah membuka sekaligus menghadiri musrenbang RKPD Gabungan Kecamatan Bungur dan Tapin Utara bertempat Halaman Kantor Kecamatan Bungur.(ist)

Rantau, kalselpos.com– Sekretaris Daerah Tapin Dr Sufiansyah secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUsrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 terakhir Tingkat Kecamatan Gabungan Kecamatan Bungur dan Tapin Utara. Rabu (28/2/2024) bertempat Halaman Kantor Camat Bungur.

 

Bacaan Lainnya

 

Turut hadir Ketua DPRD Tapin H Yamani, Kepala Bappelitbang Meidy Haris Prayoga, Asmintum Fiqri Irmawan dan Staf Ahli Bupati Syafrudin serta Muspika Kecamatan Bungur dan Tapin Utara.

Musyawarah perencanaan Pembangunan (musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk Tahun Anggaran 2025 Kecamatan dalam rangka membahas dan menyepakati program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan Rencana Kerja Pembangunan Desa dan Kelurahan di Kabupaten Tapin.

 

 

Camat Bungur Retno Dwi Hastuti melaporkan, untuk kecamatan Bungur memiliki 12 Desa mengusulkan sebanyak 59 usulan prioritas termasuk di Kecamatan Bungur untuk program pembangunan tahun anggaran 2025.

“Setiap desa mengusulkan ada 6 sampai 3 usulan untuk menjadi prioritas pembangunan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2025, “ jelasnya.

Usulan bisa dimasukkan di satuan kerja perangkat daerah Lingkup Tapin seperti Dinas PUPR, Dinas Pertanian, Dinas Pendidikan, Dinas Tenaga kerja, Dinas Perkimtam, Dinas perhubungan dan Dinas Perikanan.

 

 

Sementara Camat Tapin Utara Ivada Chandra Sari melaporkan, untuk 4 Kelurahan di Kec Tapin utara mengusulkan sebanyak 15 usulan yang menjadi prioritas rencana kerja pemerintah daerah Kabupaten Tapin. kemudian 12 Desa di Kec Tapin utara sebanyak 36 usulan yang menjadi prioritas.

 

“Setiap desa yang ada di Kecamatan Tapin utara rata-rata 3 (tiga) buah usulan yang menjadi prioritas program kerja RKPD tahun 2025, “ ujarnya.

Berharap usulan kami di Kecamatan bisa diakomodir dalam rencana kerja pembangunan daerah Kabupaten Tapin sehingga kecamatan bisa maju dan berkembang.

 

 

Sementara Sekda Tapin Dr Sufiansyah dalam sambutannya mengatakan, forum musrenbang ini adalah bagian dari demokrasi anggaran atau demokrasi keuangan, apa yang diusulkan untuk program rencana kerja perangkat pemerintah daerah daerah sesuai dengan keinginan masyarakat dengan melihat keuangan daerah.

 

 

“Jadi semua usulan yang disampaikan pada forum musrenbang ini, pemerintah daerah langsung mendengar, kebutuhan yang diperlukan mulai dari tingkat bawah yakni desa, kelurahan sampai tingkat kecamatan dapat diketahui, “ jelasnya.

 

 

Namun kata sekda tidak semua usulan dapat diakomodir dengan melihat keadaan keuangan daerah, jadi pemerintah daerah memilah-milah mana usulan yang menjadi prioritas dikerjakan pada rencana kerja pemerintah daerah.

Berharap dari semua usulan yang disampaikan, mampu merumuskan program dan kegiatan strategis untuk memacu pencapaian target-target pembangunan daerah yang telah disepakati bersama.

 

 

Sementara Ketua DPRD Tapin H Yamani menambahkan, pihaknya di dewan akan mengawal semua usulan di dua kecamatan Bungus dan Tapin selatan, karena dua kecamatan ini berada dalam kota di Kabupaten.

 

 

“Oleh karenanya usulan masing-masing kecamatan baik Bungur dan Tapin Selatan menjadi perhatian khusus pemerintah Daerah Kab Tapin untuk menjadi prioritas, karena berada dalam ibukota Tapin, “ katanya.

Berharap usulan-usulan yang sudah ditetapkan dapat diakomodir masuk dalam rencana kerja pembangunan daerah Kabupaten Tapin dengan melihat kemampuan keuangan daerah.

Selanjutnya selesai melaksanakan musrembang tingkat kecamatan, kemudian akan dilanjutkan dalam pembahasan fada forum lintas OPD Lingkup Tapin dan dituangkan dalam dokumen perencanaan daerah Kabupaten Tapin.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait