Pemkab Tabalong Serahkan 3.242 Linmas pada Polres

Teks foto Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani menyerahkan berkas disela Apel Gelar Pasukan penyerahan personil Satlinmas pada Polres Tabalong, Selasa (06/2) di Pendopo Bersinar.(ist)

Tanjung, Kalselpos.com – Menandai sinergi dan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten dengan Polres Tabalong dalam hal kesiapan Pemilu 2024, Apel Gelar Pasukan penyerahan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dilaksanakan.

“Totalnya ada 3.242 orang anggota Satlinmas, diharapkan mampu membangun kemitraan, koordinasi yang terus menerus dan kolaborasi yang kuat Bersama Polri dalam menjalankan tugas penanganan keamanan dan ketertiban Pemilu” ujar Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani saat memimpin Apel Gelar Pasukan penyerahan personil Satlinmas pada Polres Tabalong, Selasa (06/2) di Pendopo Bersinar.

Bacaan Lainnya

Bupati Tabalong menyampaikan Satlinmas bertugas untuk membantu penanganan ketentraman, ketertiban, dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu.

“Kita sama-sama ingin pemilu yang sebagai implementasi demokrasi dan kedaulatan rakyat dalam negara hukum dapat berjalan lancar dan sukses. Maka kita memerlukan sinergi untuk mencapai kesuksesan penanganan keamanan dan ketertiban,” ujarnya.

 

Anang menyatakan hal yang bisa dilakukan salah satunya berupaya membangun dan memastikan hubungan kerjasama produktif maupun kemitraan yang solid.
“Kolaborasi antara Satlinmas dan Polri, TNI, serta elemen petugas keamanan lainnya akan membawa kita pada penyelenggaraan penanganan keamanan dan ketertiban masyarakat yang berkualitas,” jelasnya.

Ia berharap di bawah bimbingan dan pengawasan aparat keamanan dari Polres Tabalong, para anggota Satlinmas dapat menjalankan tugasnya dengan profesional dan maksimal.
“Tujuannya tidak lain agar kita sama-sama dapat menciptakan suasana yang kondusif di tempat lokasi pemungutan suara maupun di lingkungan sekitarnya,” tukasnya.

Sementara itu, Kapolres Tabalong AKBP Anib Bastian menerangkan pembentukan Linmas dalam pemilu merupakan amanat permendagri nomor 10 tahun 2009 tentang penugasan satuan perlindungan masyarakat dalam penanganan ketenteraman, ketertiban, dan keamanan penyelenggaraan pemilihan umum.

“Hari Rabu tanggal 14 Februari 2024 merupakan hari pemungutan dan penghitungan suara, disitulah Linmas bersama Polri dan TNI mengamankan TPS dan penghitungan suara” ucapnya.
Anib juga meminta dalam melaksanakan tugas tetap menunjukkan sikap yang ramah, tegas dan melayani.
“Jauhi sifat arogansi,” tandasnya.

 

Ia juga mengingatkan petugas agar menjaga sikap netralitas selama proses pemungutan suara dan rekapitulasi guna menghasilkan pemilu yang Legitimit.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait