Disbunnak Batola Tingkatkan Percepatan Populasi Ternak

Ket foto :  Kabid Produksi Peternakan Disbunnak Batola, Eko Hariyanto, S.PT saat di konfirmasi di ruang kerjanya.(Mul)

Marabahan, kalselpos.com – Program dan kegiatan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Batola) pada anggaran tahun 2024 ini menentukan beberapa prioritas.

 

Bacaan Lainnya

Khususnya Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Batola memprioritaskan tematik pemerintah pusat, yakni diantaranya penanganan stunting, gizi buruk, kemiskinan ekstrem, dan pengendalian inflasi.

 

Kadisbunnak Batola, H. Suwartono Susanto, SP.MS melalui Kabid Produksi Peternakan Disbunnak, Eko Hariyanto, S.PT mengungkapkan, khususnya di bidang peternakan akan terus meningkatkan percepatan populasi diantaranya sapi.

 

“Tahun ini pengadaan sapi indukan ada 12 ekor sapi. Alhamdulilah sebenarnya tahun ini ada peningkatan, yang mana tahun sebelum nya cuma 5 ekor sapi, namun tahun ini untuk penggemukan tidak ada, jadi 12 ekor sapi tersebut khusus indukan saja,” ungkap Eko saat di konfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (10/1/2024).

 

Selain sapi, juga kambing sebanyak 10 ekor, ternak itik petelur sebanyak 200 ekor, dan ayam buras sebanyak 400 ekor.

 

Eko menyampaikan, bahwa untuk sapi di alokasikan di wilayah Desa Sidomulyo, kambing di wilayah Desa Sawahan, Kecamatan Cerbon.

 

Sementara untuk jenis unggas, yaitu itik kita alokasikan ke wilayah Kecamatan Alalak dan Tabunganen.

 

“Untuk ternak ayam buras kita bagikan kepada warga yang kategori miskin ekstrim. Jadi 1 kepala keluarga yang dikategorikan miskin ekstrim itu dapat bantuan 5 ekor ayam,” ujarnya.

 

Sedangkan stunting, Disbunnak hanya pendampingan, diantaranya pelatihan bikin telur asin dari hasil produk peternakan itu sendiri.

 

Terkait data kemiskinan tersebut data detailnya dari Dinas Sosial, namun data persentasenya tinggi miskin ekstrim sebut Eko di wilayah Kecamatan Tabunganen, Belawang dan Marabahan.

 

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait