Asisten II Sekda Kotabaru hadiri Workshop Konstruksi

Teks: Workshop Penerapan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang berkaitan dengan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) serta Penyusunan Harga Perkiraan Sendiri(PHS) dalam Proses Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ).

Kotabaru, kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) setempat mengadakan Workshop Penerapan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang berkaitan dengan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) serta Penyusunan Harga Perkiraan Sendiri(PHS) dalam Proses Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Pemerintah serta Bimbingan Teknis Hukum Kontrak Konstruksi Tahun Anggaran 2023.

Acara tersebut bertempat di Hotel Grand Surya, Selasa (28/11/2023)
yang dilangsungkan selama dua hari serta dihadiri oleh Asisten II Sekda Bidang Perekonomian Dan Pembangunan Kotabaru Drs. H. Murdianto, M.Si, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Camat, Lembaga Pendidikan, Assosiasi dan Badan Usaha/Konsultan/Kontraktor Penggiat Rantai Pasok Jasa Konstruksi Kabupaten Kotabaru, PPK dan PPTK dan tamu undangan lainnya serta nara sumber Kepala Bidang Bina Konstruksi DPUPR Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Mustajab, S.Sos. MM, Pembina Jasa Konstruksi Ahli Madya Balai Konstruksi Wilayah Banjarmasin Danny Davincy, ST. M.T, Pengelolaan Anggaran Pada Balai Jasa Konstruksi Wilayah V Banjarmasin Fery Za Umar, SE, S.T, Praktisi Ahli Pengadaan Jasa Konstruksi Dan Kontrak Kerja Konstruksi Antonius Sudarto Pudjowasito, S.H,M.H, MIDSK, CCMs sebagai nara sumber.

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang dilaksanakan ini
bertujuan untuk pembinaan dan peningkatan kapasitas kelembagaan konstruksi serta peningkatan keterampilan dan keahlian Sumber Daya Manusia (SDM) jasa konstruksi pada Dinas PUPR Kotabaru, hal ini sesuai dengan tema yang diangkat pada workshop tersebut yaitu, “Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Bidang Konstruksi yang kompeten berintegritas dan meningkatkan pelayanan publik serta pengembangan ekonomi nasional dan daerah.

Dalam kesempatan itu Asisten II Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kotabaru H.Murdianto dalam sambutannya mengatakan, TKDN merupakan aspek penting dalam hal rantai pasokan di dalam negeri dan tentunya punya pengaruh penting pada pemasaran dan pengadaan barang di masyarakat.

“Dengan adanya workshop ini kita semua berkomitmen untuk menerapkan tingkat kandungan dalam negeri dengan baik,” ucap H.Murdianto.

“Mari kita berdayakan industri dalam negeri dengan memprioritaskan penggunaan komponen lokal sehingga berdampak langsung pada pertumbuhan industri, penciptaan lapangan pekerjaan serta meningkatkan nilai tambah di dalam negeri,” ajaknya pula.

Sebelumnya Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kotabaru Dr.Suprapti Tri Astuti, ST. MT menyampaikan, kegiatan ini berpegang pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2021 tentang jasa konstruksi dan Pemerintah Kabupaten/Kota berwenang menyelenggarakan pelatihan guna memberikan pemahaman fungsi tugas serta kewajiban masing-masing agar tercipta tertib usaha jasa konstruksi, tertib penyelenggaraan dan tertib pemanfaatan hasil pekerjaan jasa konstruksi.

“Adapun tujuan pelaksanaannya sendiri adalah meningkatkan pemahaman metode pekerjaan, mewujudkan jaminan kesetaraan antara penyedia jasa dan pengguna jasa dalam menjalankan hak dan kewajiban, menghasilkan SDM bidang konstruksi yang berkompeten dan berintegritas serta menjembatani pelaku konstruksi (konsultan dan kontraktor) dengan pelaku Perguruan Tinggi (Riset) dan pelaku otoritas/pemerintah dan pelaku manufacturing,” ujar Tuti sebutan akrab Kadis PUPR ini.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait