Pemkab Tapin Berikan Penghargaan Terbaik 10 Inovasi Daerah

Teks foto Pj Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin bersama pembuat inovasi daerah kabupaten  terbaik pada malam penganugerahan inovasi daerah Kabupaten Tapin Tahun 2023.(ist)

Rantau, kalselpos.com – Dalam rangka upaya untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah dan daya saing daerah, Pemerintah Kabupaten Tapin berikan anugerah kepada Satuan Organisasi Perangkat Daerah yang terbaik membuat Inovasi Daerah (Linda) Kabupaten Tapin Tahun 2023.

Sebanyak 10 Inovasi Daerah Kabupaten Tapin ditetapkan menjadi yang terbaik di umumkan pada malam penganugrahan lomba Inovasi Daerah Kabupaten Tapin 2023 di gelar oleh Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Tapin. Minggu (26/11) malam bertempat di Gedung Pendopo Galuh Bastari Kawasan Rantau Baru.

Bacaan Lainnya

Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin dalam sambutannya mengatakan, penganugrahan lomba inovasi daerah ini sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras semua peserta dalam menciptakan berbagai inovasi yang bermanfaat untuk peningkatan kualitas pelayanan pemerintah daerah di berbagai bidang kepada masyarakat

“Semoga dengan Linda ini dapat memicu kebaharian dan kemudahan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah, “katanya.

Berharap dimana mendatang kepada ASN dapat membuat inovasi-inovasi lainnya yang jauh lebih kreatif dan dapat direplikasikan serta dimanfaatkan sehingga dapat berdampak signifikan bagi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tapin.

Sementara Ketua Tim Inovasi Pemerintah Daerah Dr Sufiansyah mengatakan, lomba inovasi daerah ini sebagai tindak lanjut dari perjanjian kinerja (PK), yang mana mewajibkan OPD dan penjabat Eselon III dapat membuat inovasi daerah minimal satu.

“Inovasi daerah ini kewajiban dari penjabat Eselon III untuk membuat sebuah inovasi sesuai bidangnya yang sudah tertuang dalam perjanjian kinerja OPD bersangkutan, minimal satu inovasi dibuat, “ujarnya.

Menurutnya inovasi tidak harus dalam bentuk digitalisasi, inovasi merupakan suatu ide, gagasan dan implementasi dari suatu kebijakan dengan tujuan mempermudah dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Dengan diberikan anugerah yang terbaik terhadap inovasi daerah yang dibuat ini berharap dapat dijadikan modal dasar dalam pengembangan riset dan inovasi dan sudah tentu pula akan menjadi motivasi bagi OPD atau masyarakat di lingkup masing-masing.

Pada kesempatan ini saya selaku ketua tim inovasi daerah mengucapakan selamat kepada pemenang Linda 2023, terus tingkatkan kinerja untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Tapin.

Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Tapin Meidy Haris Prayoga melaporkan lomba inovasi daerah dalam upaya untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan dan mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kualitas pelayanan publik serta peningkatan daya saing daerah.

“Tujuan lomba ini untuk mendukung dan menampung segala bentuk kebaharian dalam tata kelola pemerintahan, pelayanan publik dan inovasi daerah lainnya sesuai urusan pemerintahan sehingga dapat mendorong daya saing daerah ke tingkat nasional, “ujarnya.

Penjaringan inovasi daerah mulai bulan Maret sampai Juli 2023 dan dilakukan penjurian pada bulan September dan November 2023 dan malam ini Minggu 25 November 2023 diumumkan hasil yang terbaik inovasi daerah kab Tapin.

Sebanyak 28 inovasi yang masuk mengikuti lomba ini yang sudah memiliki tingkat kematangan minimal 100 point’ dalam indeks government award 2023.

Untuk keluaran dari lomba ini diharapkan mampu memberikan wadah bagi inovator inovator Kabupaten Tapin untuk memberikan ide dan gagasan berupa inovasi dan peningkatan pelayanan publik dan daya saing daerah.

Sepuluh inovasi daerah terbaik ditetapkan yaitu juara 1 Inovasi MOJANG BASTARI, Juara 2 Inovasi PADARINGAN PEGAWAI, Juara 3 Inovasi  AKSI SIJANTAN. Harapan 1 Inovasi  PHBS SQUAD, Harapan 2 Inovasi Si-Pendekar PBB, dan Harapan 3  Inovasi DOKTER CINTA.

Kemudian juga diberikan penghargaan 4 terbaik masing masing  inovasi E-Komandan, inovasib SIKEPO SP2D, inovasi GEPPREK PEDES dan Inovasi SUPERMAN.

Masing-masing terbaik diberikan penghargaan dan reward diserahkan oleh Pj Bupati Tapin, Ketua Tim Inovasi, Kepala Bappelitbang, Staf Ahli Bupati dan Asisten Setda Tapin.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait