Peringati Hari Bhakti Rimbawan, Jenderal Polisi (Purn) Badrodin Haiti Laksanakan Penanaman Pohon di Lokasi Eks Peti PT.AGM

Pelaksanaan penanaman pohon di kawasan konsensi PT AGM blok III Kabupaten Tapin Senin (20/3) dihadiri langsung Komisaris PT AGM Jendral Polisi (Purn) Drs Badrodin Haiti.(dillah)

Rantau, kalselpos.com– Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Asri Rimbawan tahun 2023 PT Antang Gunung Meratus akan melaksanakan kegiatan penanaman pohon di lahan eks Peti.

Pelaksanaan penanaman pohon ini berlangsung di kawasan konsensi PT AGM blok III Kabupaten Tapin Desa Puncak Harapan Kecamatan Lok Paikat Kabupaten Tapin Senin (20/3) dihadiri langsung Komisaris PT AGM Jendral Polisi (Purn) Drs Badrodin Haiti.

Bacaan Lainnya

Selain itu dalam kegiatan kali ini juga akan dihadiri perwakilan berbagai instansi pemerintah seperti kepolisian dan pemda, kepala desa dan tokoh masyarakat serta LSM yang ada di wilayah Kabupaten Tapin dan HSS.

Komisaris PT AGM Jendral Polisi (Purn) Drs Badrodin Haiti disela kegiatan mengatakan, peringatan Hari Bhakti Rimbawan tahun 2023 menyampaikan tujuan kegiatan yaitu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap perubahan iklim, mewujudkan Desa Asri yang bersih, hijau dan jauh dari pencemaran lingkungan dan mengurangi resiko bencana di desa.

“Pelestarian alam sangat penting karena lingkungan hidup merupakan tempat bernaung manusia yang bergantung pada alam sekitar,” katanya.

Disampaikannya, salah satu upaya untuk melestarikan lingkungan yang bisa dilakukan yaitu dengan menanam pohon.

“Pada kesempatan kali ini kita sama-sama melaksanakan saya penanaman pohon. Dimana yang kita tanam itu Insya Allah menuai hasil,” katanya.

Ditambahkannya, tak hanya melakukan penanam pohon saja namun kita juga wajib merawat dan menjaganya sehingga lingkungan benar-benar asri dan bermanfaat bagi masyarakat kedepannya.

“Kami juga tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah turut mendukung PT AGM dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan di wilayah konsensi PT AGM sehingga kini sudah tak terjamah pelaku-pelaku pertambangan illegal yang sangat merusak lingkungan,” jelasnya.

Diungkapkannya, sekarang ini PT AGM sudah mampu menjaga konsensi hingga bebas dari aksi penambangan liar (Peti).

“Tentunya ini sebuah prestasi yang perlu kami pertahankan dengan dukungan semua pihak baik aparat kepolisian maupun instansi pemerintahan dan tentunya masyarakat,” pungkasnya.

Rudi Herlambang S. Hut selaku Kepala KPH Hulu Sungai mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Tim Satgas PT AGM melaksanakan kegiatan rutin patroli sehingga akhir-akhir ini aktivitas penebangan ilegal dan tambang ilegal di kawasan hutan sudah berkurang.

“Kami rutin melakukan pengawasan dengan menggelar patroli sehingga hutan bisa terjaga dari aktivitas pembabatan hutan,” katanya.

Ditambahkannya, pihaknya juga mengedepankan pendekatan persuasif kepada masyarakat agar dapat menjaga kawasan hutan dan bisa ikut peduli dalam menjaga kelestarian kawasan hutan lindung sekaligus mencegah kegiatan ilegal

Sementara Adi Radiannor Sekretaris Lembaga Peduli Lingkungan Indonesia (LPLI) Semesta Hijau yang turut hadir dalam kegiatan penanaman pohon mengapresiasi pelaksanaan penanaman pohon yang digelar PT AGM dalam rangka Hari Bhakti Rimbawan dan Hari Desa Asri Nusantara tersebut.

Disampaikannya, pohon yang ditanam sebaiknya jangan hanya pohon-pohon keras saja, namun juga diperbanyak menanam pohon berbuah sehingga nantinya hasilnya bisa dinikmati warga sekitar.

“Kami juga mengapresasi tim satgas PT AGM yang selama ini telah menjaga kawasan konsensi PT AGM hingga bebas dari aktivitas peti,” ujarnya.

Diungkapkannya, sebanyak apapun lahan yang ditanam apabila tak dijaga maka rentan kembali rusak akibat ulah aktivitas illegal seperti pembabatan hutan dan penambang liar.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait