Kesbangpol Bersama FKDM Tapin Gelar Bimtek Kewaspadaan Dini

Pembukaan Bimbingan Teknis Kewaspadaan Dini bersama Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Kabupaten Tapin 2023 bersama Kesbangpol Kab Tapin.(ist)

Rantau, kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bersama Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Kabupaten Tapin menggelar bimbingan Teknis Kewaspadaan Dini, bertempat aula Grand Dafam Q mall Banjarbaru. Jumat (17/3).

Bimbingan Teknis dibuka secara langsung oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan diwakili Kepala Badan Kesbangpol Tapin Aulia Ulfah.

Bacaan Lainnya

Kepala Kesbangpol Tapin Aulia Ulfah mengatakan, Pembentukan FKDM adalah untuk membantu instrumen negara dalam menyelenggarakan urusan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat melalui upaya deteksi dini terhadap potensi dan kecenderungan ancaman serta gejala atau peristiwa bencana.

“FKDM dibentuk untuk menjaga dan memelihara kewaspadaan dini di masyarakat, ” ucapnya.

Menurutnya keberadaan FKDM menjadi sangat penting dan strategis untuk memberikan laporan informasi dan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah di daerah Kabupaten, atau pemerintah daerah di Kecamatan maupun Kelurahan.

Semoga ke depan FKDM semakin lebih baik dan aktif dari yang sebelumnya apa lagi tahun depan pemilu serentak tahun 2024 supaya tidak ada konflik di masyarakat deteksi dini dan cegah dini.

Berharap melalui Bimtek ini menjadi entry point untuk membangun FKDM yang andal dan bisa membentuk karakter pengurus agar lebih sensitif (peka) bisa bertindak preventif (mencegah),mampu mengambil keputusan saat ada peristiwa (preemtif) dan dapat bertindak dengan cepat dan akurat paska kejadian (reaktif).

Sementara Ketua FKDM Kabupaten Tapin H Misran mengatakan, FKDM Kabupaten Tapin ini baru terbentuk tahun 2023. Dengan beranggotakan 68 orang terdiri dari 5 orang pengurus Kabupaten, 36 orang pengurus kecamatan dan 27 pengurus kelurahan di Kabupaten Tapin.

Bimbingan Teknis Kewaspadaan Dini FKDM Kabupaten Tapin dilangsungkan selama 2 (dua) hari mulai hari ini Jumat 17 sampai Sabtu 18 Maret 2023 bertempat di Grand Dafam QMall Hotel Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan.

Dengan keikutsertaan Bimtek ini, para pengurus FKDM dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan dan bekal sebagaimana harapan kewaspadaan dini masyarakat itu sendiri.

“Berharap pengurus FKDM dapat menjaring informasi dan mengumpulkan data yang berpotensi yang menimbulkan kerawanan di wilayah kita, sehingga dapat diantisipasi secara dini, sehingga kemungkinan timbulnya masalah bisa diselesaikan dengan baik, ” harapnya.

Kegiatan Bimtek ini tidak hanya teori di dalam ruangan tetapi juga praktek di lapangan dan pelaporan hasil dari kegiatan Bimtek.

Turut hadir pembukaan Bimtek, Tokoh Masyarakat Tapin H Syahrani (Pambakal Isah), Kabag Opd Polres Tapin Kompor Isbat Wahyudi, Perwakilan Kejari Tapin dan Perwakilan BIN Kalsel.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait