Bahas Ranperda APBD 2023, Wabup Syamsuri Jawab Pandangan Umum Fraksi DPRD HSS

MENJAWAB - Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad menjawab pandangan umum fraksi-fraksi tentang APBD 2023.(Prokopim).kalselpos.com

Kandangan, kalselpos.com – Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad menjawab pandangan umum fraksi-fraksi DPRD tentang Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023, dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD HSS Akhmad Fahmi, Senin (26/9).

Wabup HSS Syamsuri Arsyad menjelaskan, tema pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten HSS tahun 2023, yaitu peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkontribusi terhadap kemandirian ekonomi, yang berkelanjutan dengan memperhatikan kelestarian lingkungan.

Bacaan Lainnya

“Penanganan bencana
alam seperti banjir dan kerusakan lingkungan daerah aliran sungai amandit, menjadi fokus
penanganan melalui Dinas PUTR,” ujar Wabup Syamsuri.

Diantaranya, kata Wabup, pekerjaan normalisasi sungai pada beberapa
jalur anak sungai amandit, perkuatan tebing dibeberapa lokasi untuk menghindari bencana longsor, dan penanganan bencana banjir yang lebih terpadu dan menyeluruh.

“Kami juga menganggarkan dana melalui Dispera KPLH untuk melakukan penelitian dan penanganan dengan perguruan tinggi dan balai sungai, Kalimantan III” ujar Wabup Syamsuri.

Dikatakan Wabup, program perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup khususnya bencana banjir dan kerusakan DAS Amandit, mencakup penanaman pohon di bantaran sungai dan daerah rawan longsor melalui program kampung iklim, hijau desaku, dan even-even/kegiatan
penanaman pohon.

Selain itu, melakukan aksi pembersihan sungai dari sampah dan kegiatan lainnya, yang melibatkan OPD, masyarakat, dan kelompok masyarakat.

Menurut Wabup, salah satu kegiatan yang juga menunjang penanganan bencana, adalah kegiatan perencanaan penanganan permukiman terdampak bencana dan relokasi program kabupaten melalui pemetaan daerah.
“Jika terjadi bencana, maka bisa digunakan untuk relokasi,” ujar Wabup Syamsuri.

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait