Ukraina bantah Presiden Volodymyr Zelensky titip pesan ke Jokowi untuk Presiden Rusia

//Reuter JABAT TANGAN - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berjabat tangan dengan Presiden RI Joko Widodo, saat berkunjung ke Kiev, Ukraina, Selasa (29/6/2022) lalu. (kalselpos.com)

Jakarta, kalselpos.com – Kantor Kepresidenan Ukraina mengungkapkan jika Zelensky ingin menyampaikan pesan ke Putin, maka akan dilakukan dalam pidato terbuka.

Kantor Kepresidenan Ukraina menerangkan pertemuan Jokowi dan Zelensky di Ukraina pada 29 Juni 2022 membicarakan soal pangan yang terdampak perang.

Bacaan Lainnya

“Indonesia adalah salah satu importir gandum terbesar dari Ukraina, dan blokade pelabuhan Ukraina adalah fokus utama pembicaraan antara presiden di Kiev,” ujar jubir Kantor Kepresidenan Ukraina, Serhii Nikiforov, dikutip dari yahoo.com, Minggu (3/7), sebagaimana dikutip kalselpos.com dari kumparan.com.

Nikiforov menjelaskan terganggunya ekspor gandum menjadi tanggung jawab Rusia. Moskow juga bertanggungjawab atas krisis pangan yang terjadi selama perang.

“Rusia memikul tanggung jawab penuh untuk mengganggu ekspor [gandum Ukraina] ke Indonesia, serta ke bagian lain dunia. Dan Rusia akan bertanggungjawab atas krisis pangan yang bisa terjadi kecuali pelabuhan Ukraina segera diblokir,” jelas dia.

“Inilah yang dibahas secara detail oleh Volodymyr Zelensky dengan Joko Widodo,” tambahnya.

“Saya telah sampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara dua pemimpin tersebut,” ucap Jokowi, dalam keterangan yang kumparan terima dari Biro Pers dan Media Sekretariat Presiden RI.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.