Masyarakat Senang Gunakan Fasilitas MRA di Masjid Raya Amuntai

TAMAN BERMAIN-Masjid Ramah Anak (MRA) di lingkungan Masjid Raya At-Taqwa Amuntai, tampak ramai dikunjungi, terutama pada arena bermain anak yang berada di halaman masjid. (ist)(kalselpos.com)

Amuntai,kalselpos.com – Masjid Ramah Anak (MRA) di lingkungan Masjid Raya At-Taqwa Amuntai, tampak ramai dikunjungi, terutama pada arena bermain anak yang berada di halaman masjid.

Erni salah seorang ibu rumah tangga warga Kebun Sari yang mengaku senang adanya fasilitas MRA ini.

Bacaan Lainnya

“Senang sekali, soalnya kan disini kurang (fasilitas bermain) pas tau ada disini senang sekali mereka (anak.red) jadinya hampir tiap hari kesini,” katanya.

Disamping fasilitas bermain anak, dalam program Masjid Ramah Anak ini pemerintah daerah melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) HSU dibantu dinas dan instansi terkait lainnya juga melengkapinya dengan pos pengamanan, CCTV, fasilitas lain seperti pojok baca, pojok laktasi, fasilitas ibadah untuk anak, seperti mukena anak, sampai dengan tempat wudhu khusus anak.

Hal ini tentunya dilakukan agar, masjid yang dipilih menjadi masjid ramah anak ini dapat membina anak-anak untuk mencintai masjid, serta mengajarkan cara-cara sholat agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Pengunjung lainnya, Ali dari warga Kecamatan Haur Gading ini turut mengaku, senang dapat memanfaatkan fasilitas MRA ini, terutama bagi anaknya. Ia, mengetahui adanya MRA ini , ketika anak-anak ada kegiatan luring di masjid tersebut.

Ia menambahkan, guna memanfaatkan fasilitas ini ia rela jauh-jauh datang mulai dari Haur Gading bersama anaknya. “Saya sudah sering membawa anaknya ke Masjid Raya, namun baru kali ini bisa memanfaatkan fasilitas MRA,” ucapnya.

Sebelumnya, Bupati HSU H. Abdul Wahid HK saat meresmikan MRA mengatakan, peresmian masjid ramah anak adalah komitmen pemerintah daerah untuk mempertahankan kabupaten HSU sebagai kabupaten layak anak sekaligus dalam rangka mewujudkan kabupaten layak anak pada klaster IV yang salah satu indikatornya adalah masjid ramah anak.

Dengan diresmikan masjid Agung At-Taqwa sebagai masjid ramah anak dapat mendorong percepatan terwujudnya kabupaten HSU sebagai kabupaten layak anak yang lebih tinggi lagi.

” Karena saat ini kabupaten HSU telah berhasil meraih penghargaan sebagai kabupaten layak anak dengan kategori Madya yang mana salah satu indikatornya yaitu pembangunan dan pengembangan ruang bermain ramah anak (RBRA) yang terstandarisasi dan tersertifikasi oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia,” ucap Wahid.

Ia juga menyebut, pembangunan lingkungan yang ramah dan aman bagi anak-anak sangat penting agar anak-anak terus mengunjungi masjid.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait