Mendagri diminta segera lantik BirinMu

  • Whatsapp
[]dok PASLON TERPILIH - Paslon Gubernur dan wakil Gubernur Kalsel terpilih periode 2020 – 2024, H Sahbirin Noor dan H Muhidin (BirinMu). (kalselpos.com)

Banjarmasin, kalselpos.com – Tim hukum BirinMu, Andy Syafrandi meminta kepada Presiden melalui Kemendagri untuk segera melantik paslon terpilih, Sahbirin Noor – Muhidin (BirinMu) sebagai gubernur Kalsel terpilih periode 2020 – 2024.
Permintaan itu dilontarkan Andy menyusul putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memutuskan menolak menindaklanjuti gugatan Denny Indrayana-Difriadi Darjat (H2D).
MK menyatakan keputusan KPU Kalsel memenangkan Sahbirin-Muhidin (BirinMu) sah.
“Karenanya, kami mendesak Presiden melalui Kemendagri untuk segera memproses pelantikan gubernur dan wakil gubernur Kalsel terpilih, agar dapat secepatnya mewujudkan visi, misi, dan program yang dijanjikan dalam kampanye,” ujarnya, Jumat (30/7/2021) petang.
Seperti diketahui, Mahkamah Konstitusi telah membacakan putusan terhadap permohonan yang diajukan paslon Denny Indrayana-Difriadi Nomor 146/PHP.Gub/XIX/2021 dengan amar putusan menyatakan permohonan tidak dapat diterima karena tidak terdapat alasan hukum untuk menyimpangi Pasal 158 ayat 1 huruf (b) UU Pilkada.
Selain itu, dalil-dalil pemohon dalam pokok permohonannya tidak terbukti dan tidak sesuai fakta hukum. “Berdasarkan putusan tersebut, Pilkada Kalsel telah selesai dan Pasangan H. Sahbirin Noor dan H Muhidin sah menjadi gubernur dan wakil gubernur Kalsel periode 2021-2024. Untuk itu, kami mengucapkan selamat kepada mereka berdua diiringi doa semoga amanah dalam menjalankan kepemimpinan untuk kepentingan rakyat Kalsel,” ucapnya.
Andy juga meminta kepada seluruh komponen masyarakat, khususnya pemohon dan para pendukungnya di Kalsel diharap dapat menerima putusan MK dan saling bekerjasama untuk kembali membangun Kalsel.
“Khususnya dalam situasi pandemi saat ini. Energi politik yang kemarin terkuras untuk kompetisi antar-paslon bisa segera dialihkan untuk membangun kebersamaan membangun Kalsel ke depan,” tukasnya.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.