Sungai Amandit Mulai Jernih, Wabup Ajak Masyarakat Menjaga Kebersihan Sungai ‎

WAWANCARA- Wakil Bupati Kabupaten HSS Syamsuri Arsyad, wawancara terkait sungai amandit.(Humas)‎

Kandangan, kalselpos.com– Setelah ditangani bersama dengan pihak-pihak terkait, kekeruhan sungai Amandit mulai berangsur membaik dan dan tidak keruh lagi. PT Antang Gunung Meratus (AGM), KUD Karya Murni sudah berkomitmen mengatasi persoalan kualitas air Sungai
Amandit‎ bersama Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup setempat.
‎‎
Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten  HSS, Ronaldy Prana Putra, mengatakan bahwa untuk sarana dan prasarana pengolahan air limbah agar cepat dilaksanakan.

Ssebab mindset masyarakat pada saat ini tertuju pada tambang, dan untuk galian C/ tambang pasir sepanjang Sungai Amandit sudah dilakukan penertiban. “Saat bisa dilihat sudah terjadi perubahan Sungai Amandit mulai jernih,” ujar Ronaldy Prana Putra, saat rapat penanganan Sungai Amandit, Kamis (22/4/2021) di Aula Rakat Mufakat Setda.

‎Perwakilan PT AGM Soyan Noor Rahim, mengatakan bahwa akan memenuhi baku mutu seperti arahan pak wabup dan memenuhi kehendak masyarakat menjaga kejernihan air sungai “Jika terjadi pelanggaran, pihaknya siap diberikan sanksi,” ujarnya.

‎Perwakilan KUD Karya Murni, Toto,  mengatakan pihaknya akan selalu berusaha menjaga air yang mengalir dari tambang ke sungai memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan. “Kami sudah memiliki TIM mantau air yang keluar dari tambang menuju sungai. Apabila terjadi pelanggaran kami siap menjalani aturan pemerintah yang berlaku dan menerima sanksi,” ujarnya.

Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad, mengatakan persoalan air keruh di Sungai Amandit menjadi beban moral bagi  pemerintah dan masyarakat yang disebabkan ‎longsor di Loksado tetapi tidak permanen, ‎pertambangan galian C yang sudah dilakukan ‎penertiban,‎ dan pertambang ilegal dan pertambangan yang ‎dikelola ‎KUD karya Murni dan PT AGM.‎

Wabup Syamsuri atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS mengucapkan terima kasih kepada management PT AGM, KUD Karya Murni dan pengusaha galian C yang sudah bersama-sama berkomitmen untuk membuat air yang selama ini keruh menjadi bersih kembali. ‎”Mari kita bersama-sama menjaga ‎Sungai Amandit dengan tidak membuang sampah, sehinga tidak mencemari sungai,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

kalselpos.com: Berita Terkini Kabar Terbaru Hari ini

Download aplikasi kalselpos.com  di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

 

Pos terkait