PAD Banjarmasin di Apresiasi Pemerintah Pusat

  • Whatsapp
Kepala Bakeuda Kota Banjarmasin, Subhan Nor Yaumil (Fudail)

Banjarmasin, kalselpos.com – Pemerintah Pusat mengapresiasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Banjarmasin yang dinilai stabil meski masih dalam masa pandemi Covid-19.

Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kota Banjarmasin, Subhan Nor Yaumil mengatakan, saat ini PAD Banjarmasin mencapai 69,54 persen, dengan persentase pandapatan 48,21 persen.

Bacaan Lainnya

“Awalnya realisasi PAD sebesar Rp 360 Miliar kini hanya Rp 254 miliar lebih,” ucapnya pada awak media, Selasa (18/08/2020) siang.

Ia menjelaskan, hal itulah yang membuat Pemerintah Pusat mengapresiasi PAD yang dihasilkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin.

“Pemko terus berupaya untuk menjaga kestabilan agar jangan sampai terjadi terjadi kondisi PAD yang terjun bebas. Walaupun wabah virus corona masih berlangsung,” ujarnya.

Menurut pria dengan sapaan Subhan itu, apa yang dilakukan pihaknya saat ini sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo dalam rangka meningkatkan PAD, temasuk Kota Banjarmasin ini agar tetap bisa berada di atas.

“Turun sih turun PAD kita, tapi kita berupaya agar tidak terlalu melandai,” Ungkapnya.

Lanjutnya, misalnya terjadi penurunan PAD di salah satu sektor, seperti pada perhotelan maupun hiburan, restoran, dan sektor lain seperti reklame yang diintensifikasi untuk menaikkan PAD.

Kemudian juga pada pajak penerangan jalan, memiliki potensi sumber PAD yang mampu menutupi kekurangan realokasi PAD pada sektor lain.

Untuk diketahui pada level kabupaten/kota, rata-rata persentase pendapatannya sebesar 48,21%. Persentase pendapatan di Kota Banjarmasin sebesar 69,54%, sedangkan yang terendah adalah Kabupaten Manokwari hanya 9,02%.

Oleh karena itu, Subhan berharap, sampai akhir Desember 2020 ini capaian daerah Banjarmasin bisa dipenuhi dari target yang sudah ditentukan oleh Pemko Banjarmasin.

“Dalam menjaga kestabilan PAD Kota Banjarmasin di masa pendemi wabah Covid-19 ini dari diantarahya menjaga sektor perhotelan atau restoran dan hiburan, ini yang menurun maka untuk menutupi itu dari sektor reklame,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fudail
Editor : Zakiri

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.