Dampak Corona, Sel Mapolsek Banjarmasin Barat Alami Over Kapasitas

Kapolsek Banjarmasin Barat, Kompol Mars Suryo Kartiko menjelaskan bahwa twrjadi over kapasistas di sel Mapolsek Banjarmasin Barat (ist)

Banjarmasin,kalselpos.com – Hampir semua bilik tahanan (sel) yang ada di semua Polsek di Kota Banjarmasin mengalami kelebihan muatan atau over kapasitas. Tak terkecuali yang terjadi di Mapolsek Banjarmasin Baraat.

Kapolsek Banjarmasin Barat, Kompol Mars Suryo Kartiko mengatakan, Mapolsek Banjarmasin Barat sendiri memiliki 4 bilik tahanan yang digunakan untuk mengamankan pelaku kejahatan yang kasusnya belum memiliki ketetapan hukum.

Bacaan Lainnya

“Seyogyanya 4 bilik tahaman ini maksimal hanya diisi oleh 16 tahanan. Tapi yang terjadi sekarang terdapat 21 tahanan yang mendekam di kantor kita,” ungkapnya pada kalselpos.com belum tadi , Senin (27/07/2020) siang.

Bahkan menurutnya, terdapat beberapa diantaranya sudah berketetapan hukum tetap dan tengah menunggu giliran untuk dipindahkan, namun terhalang oleh ketetapan SE Menkumham tersebut.

Menurutnya, kondisi tersebut terjadi lantaran adanya Surat Edaran Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Republik Indonesia Nomor: M.HH.PK.01.01.01-03, yang dikeluarkan pada tanggal 24 Maret 2020 perihal pencegahan dan pengendalian penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Lapas/Rutan.

Sehingga membuat pihak Kepolisian tidak dapat mengirimkan tahanan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)

Sehingga, guna menghindari penyebaran Covid-19 di kalangan tahanan, Kapolsek mengaku telah berinisiatif untuk melakukan skrining awal yaitu dengan merapid test tahanan yang masuk.

“Sebelum proses penyidikan dan dimasukan ketahanan akan kita rapid test. Jika ada yang reaktif maka akan kita koordinasikan dengan Dokkes. Tapi Alhamdulillah semua non reaktif,” pungkasnya.

Ia mengakui dana untuk rapid test dikeluarkan oleh pihaknya sendiri karena tidak ingin mengambil resiko adanya penyebaran Covid-19 yang dapat membahayakan anggotanya dan tahanan yang lain.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis : Hafidz
Editor : Zakiri

Pos terkait