Kotabaru alami Inflasi terendah di Kalimantan

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Kotabaru, H Akhmad Rivai membeberkan data hasil perhitungan BPS Kabupaten Kotabaru.

Kotabaru, kalselpos.com – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Kotabaru, H Akhmad Rivai mengungkapkan, pada bulan Juni 2020 berdasarkan hasil perhitungan BPS Kabupaten Kotabaru tanggal 1 Juli, bahwa di Kotabaru mengalami inflasi sebesar 0,12% dan inflasi terendah di kota-kota Kalimantan.
“Indeks Harga Konsumen (IHK) kota-kota di wilayah Pulau Kalimantan, seluruhnya mengalami inflasi.

dimana inflasi tertinggi terjadi di Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara sebesar 0,99% dan inflasi terendah terjadi Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan sebesar 0,12%,” ujarnya, kepada wartawan.
Menurutnya, terjadinya inflasi di Kotabaru pada bulan Juni 2020 dikarenakan adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya Indeks Harga Konsumen (IHK) sebagian kelompok komoditas.
Mulai dari kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 0,42%, kelompok Kesehatan sebesar 0,21%, dan kelompok rekreasi, olahraga dan budaya sebesar 0,21%.

Bacaan Lainnya

Sedangkan kelompok yang mengalami penurunan yaitu kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,05%, kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,23%, serta kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,47%.


Kemudian, komoditas yang mengalami kenaikan harga atau pendorong inflasi dengan andil tertinggi di Kotabaru pada bulan Juni 2020 yaitu daging ayam ras sebesar 0,49%, bawang merah sebesar 0,10%, terong sebesar 0,03%, buncis sebesar 0,02% dan sawi hijau sebesar 0,02%.

Sementara komoditas yang mengalami penurunan harga atau penahan inflasi dengan andil tertinggi yaitu bawang putih sebesar -0,16%, cabai rawit sebesar -0,12%, ikan kembung sebesar -0,09%, gula pasir sebesar -0,07% dan ikan tongkol sebesar -0,05%.

Diakui Rivai, bahwa kondisi daging ayam ras selama bulan Juni 2020 terjadi kenaikan yang signifikan hingga mencapai harga Rp.50.000,-/ekor s/d Rp.60.000,-/ekor, demikian pula untuk harga bawang merah di Pasar Kemakmuran Kotabaru hingga mencapai Rp.45.000,-/kg s/d Rp.50.000,-/kg walaupun berangsur-angsur terjadi penurunan harga.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis : Ardiansyah
Editor : Aspihan Zain