Asap cair batok kelapa, Diklaim bisa sembuhkan Covid-19

Irsan Surya Imana memperlihat asap cair batok kelapa yang sudah dikemas hasil olahannya.(net)

Situbondo, kalselpos.com – Siapa sangka batok kelapa kering yang biasanya dibuang sebagai limbah rumah tangga maupun di pasar tradisional, ternyata justru bermanfaat.

Irsan Surya Imana seorang pemuda warga Kelurahan Mimbaan Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo Jawa Timur, mengklaim dengan asap cair batok kelapa olahannya mampu
menangkal Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Kita telah uji coba langsung ke pasien yang hasil rapid testnya reaktif, sebelum swab lalu mengkonsumsi asap cair batok kelapa grade 1, ternyata 100 persen ketika pasien itu dicek sudah negatif,” ujar Irsan Surya Imana.

Bahkan dari penuturan Irsan, obat herbalnya ini telah diuji kepada pasien positif Covid-19 setelah diminumkan ternyata dinyatakan sembuh setelah 4 kali tes swab.

“Sebelumnya asap cair batok kelapa ini digunakan secara internasional untuk bahan pembuatan antiseptik,” ungkap Irsan.

Dijelaskannya, proses pembuatan asap cair batok kelapa itu terlebih dahulu dikeringkan dan dipisahkan dari serabutnya.

Kemudian dimasukkan dalam mesin pembakaran untuk menghasilkan asap yang disebut penyulingan untuk menjadikannya zat cair yang menetes melalui cerobong pipa.

“Untuk 125 kg batok kelapa kering menghasilkan 10 liter zat cair dengan waktu pengolahan hingga 8 jam,” sebutnya.

Atas temuannya ini Irsan mengaku, Kepala Staf Angkatan Darat, Andika Perkasa telah memesan 2100 botol untuk dikonsumsi oleh petugas medis di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat.

“Bahkan pekan lalu Menkop UKM, Teten Masduki menyarankan untuk dipatenkan dan dilakukan uji coba di laboratorium Situbondo Jawa Timur,” akunya lagi

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Editor: Bambang CE
Sumber: Net/ *