HSS gelar Rapat Antisipasi Karhutla

MEMBERIKAN ARAHAN- Bupati Kabupaten HSS, didampingi Wakil Bupati, Syamsuri Arsyad, memberikan arahan pencegahan karhutla.(Humas)

Kandangan, kalselpos.com– Mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS), gelar rapat pengandalian karhutla, Jumat (3/7).


MENGHADIRI- ‎Kepala BPB Kesbangpol Kabupaten HSS, Roni Rusnadi,‎ menghadiri rakor pengendalian karhutla.(Humas)

‎‎
Kepala BPB Kesbangpol Kabupaten HSS, Roni Rusnadi, mengatakan rakor ini untuk meningkatkan kewapadaan, untuk mengantisipasi pencegahan karhutla. “Rakor juga untuk menciptakan sigergisitas dan pemetaan lahan yang berpotensi terjadi kebakaran,” ujarnya.‎

Bacaan Lainnya

Bupati Kabupaten HSS, Achmad Fikry, mengatakan pencegahan karhutla harus dilakukan sedini mungkin, sesuai dengan arahan Presiden Jokowi. “Pembukaan lahan dengan cara dibakar secara tegas dilarang alasan apapun,” ujarnya.‎

Dikatakan bupati, ‎jika terjadi kebakaran pada titik-titik rawan karhutla, agar diperkuat dengan mobil pemadam kebakaran (damkar) yang banyak berada di Kandangan. “Jangan sampai terjadi kebakaran di Nagara sedangkan mobil pemadamnya dari Kandangan,” ujarnya.



Selain itu, ia meminta manajemen yang rapi dalam menurunkan armada damkar, apabila ada satu titik api, jangan semua armada diturunkan. “Kalau informasi dilapangan cukup minta satu, yang lain standby, agar waktu tidak terbuang sia-sia,” ujarnya.

Kepada kecamatan dan desa ‎yang sudah punya alat pemadam portable, mulai sekarang disiapkan dan lagi dicoba, karena mesin portable bisa dibawa untuk menjangkau titik api yang jauh dari jalan. ‎”Saya minta posko karhutla bergabung saja dengan posko Covid-19. Maksimalkan saja posko yang ada dan tidak usah bangun posko lagi,” ujarnya.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis : Sofan
Editor : Wandi