Kabupaten Tanah Bumbu tanam Ribuan Hektare Padi dan Jagung

Panen Raya Jagung (ilustrasi)

Batulicin, kalselpos.com – Produksi pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan, kedepan dinyatakan aman, meskipun pada saat sekarang masih dalam keadaan pandemi covid-19 salah satu nya di tanbu. 

Hal itu bisa dikatakan lantaran ada 10 Kecamatan di Tanbu, sudah mulai melakukan penanaman produksi pangan jenis jagung dan padi diatas lahan 5000 hektare pada bulan Mei dan Juni. 

Bacaan Lainnya

“Sementara produksi pada bulan Agustus – September insyaallah menjadi masa panen di Tanbu,” kata Farurazi Akbar, selaku Kepala Dinas Pertanian setempat kepada kalselpos.com selasa (1/7) pagi.

Menurutnya, bibit jagung dan padi sudah dibagikan kepada para petani yang tergabung pada kelompok tani di sepuluh kecamatan yang ada di bumi bersujud itu, dengan total area yang siap di tanam untuk jenis padi 4500 ha dan jenis jagung 3.839 ha. 

Farurazi Akbar Kadis Pertanian Tanbu.

Dua jenis komoditi itu dengan rincian tiap Kecamatan sebagai berikut, papar Farurazi Akbar, bibit jenis padi di Kecamatan Batulicin 278 hektare, Kecamatan Karang bintang 190 hektare, Kusan Hilir 3.857 hektare, Mantewe 25 hektare,


Simpang Empat 100 hektare dan yang terakhir Kecamatan Sungai Loban sebanyak 50 hektare total 4500 hektare. 

Kemudian komoditi jenis jagung Kecamatan Kusan Hilir 100 hektare, Simpang Empat 1.110 hektare, Satui 140 hektare, Batulicin 100 hektare, Karang Bintang 545 hektare, Sungai Loban 200 hektare,Kusan Hulu 450 hektare, dan Mantewe 1.194 hektare, total nya 3.839 hektare.

Ditegaskan nya, bahwasanya bibit tersebut berasal dari Kementerian Pertanian RI. “Mudah mudahan para petani kita berhasil dalam menyongsong ketahanan pangan kedepan di tenggah pandemi covid-19,” tutupnya.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis : Kristiawan
Editor : Aspihan Zain