Proyek Irigasi Rp1,4 M terkesan Mubazir

KOTABARU, Kalselpos.com – Pemeliharaan jaringan irigasi yang berada di Desa Langkang Baru Kecamatan Pulau Laut Timur terkesan kurang mendapat perhatian dari Dinas Pertanian Kabupaten Kotabaru hal tersebut diungkapkan salah seorang warga Desa Langkang Baru yang tidak mau disebutkan namanya

Baca juga=Hal ini yang Dilakukan Ketua TP-PKK Kotabaru Ketika Berkunjung ke Desa Irigasi Kecamatan Karang Bintang

Ia juga menerangkan bahwa, pengerjaan irigasi tersebut proyek tahun 2018 dengan pagu anggaran 1,4 Milyar dari anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) dari APBN pusat yang dikerjakan oleh CV Citra Sejahtera Mandiri.

“Memang benar pegerjaan itu sudah selesai tapi sampai sekarang tidak dimanfaatkan atau mubajir karena saluran irigasi ini rimbun tertutup dengan rerumputan yang tinggi,” ucap salah satu warga yang enggan disebutkan namanya, kepada wartawan Kalselpos.com.

Saat ditanya wartawan tentang pemanfaatan irigasi tersebut, ia juga membeberkan bahwa sebenarnya para petani didaerah Langkang Baru mengiginkan pembuatan akses jalan usaha tani yang menuju ke lahan pertanian mereka karena akses jalan itu tidak ada bahkan untuk menuju kesana para petani pun harus bertiti diatas semen beton dari saluran irigasi.

“Sebelum proyek pembangunan irigasi ini dikerjakan akses jalan usaha tani yang ada jalannya baik, tapi sekarang setelah adanya pembangunan saluran irigasi jalan yang semula baik menjadi rusak berlobang dan berlumpur akibat mobil truk yang mengangkut material melewati jalan ini dan setelah selesai pembangunan akses jalan pertanian yang ada ini tidak diperbaiki lagi ditinggal begitu saja,” terangnya pula.

Dijumpai Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kotabaru, Hairuddin menegaskan, setelah mendengar informasi tersebut, ia akan segera turun kelapangan guna melihat langsung.

Baca juga=Hal ini yang Dilakukan Ketua TP-PKK Kotabaru Ketika Berkunjung ke Desa Irigasi Kecamatan Karang Bintang

“Terimakasih kepada rekan wartawan yang sudah memberikan informasi ini dan kami akan segera mengagendakan turun kelapangan, dan tentunya diharapkan proyek tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat bagi lahan pertanian yang ada,” tutur Hairuddin.

Penulis : Muliana
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait