Pj Bupati Tapin Hadiri Pelaksanaan Monitoring Asistensi Instansi Pemerintah

Teks foto Pembukaan pelaksanaan monitoring Evaluasi (Monev) Asistensi Instansi Pemerintah Wilayah II digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birorkasi (PANRB) melalui unit kerja Deputi Bidang Reformasi Birokrasi.(ist)(kalselpos.com)

Rantau, kalselpos.com – Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin bersama dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Tapin H Sufiansyah hadiri pelaksanaan monitoring Evaluasi (Monev) Asistensi Instansi Pemerintah Wilayah II digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birorkasi (PANRB) melalui unit kerja Deputi Bidang Reformasi Birokrasi. Rabu 10/07/2024. Bertempat Hotel Galaxy Banjarmasin.

Pelaksanaan monitoring evaluasi (Monev) dibuka secara langsung oleh Gubernur Kalsel Yang diwakili Sekretaris Daerah Prov Kalsel Roy Rizali Anwar dan turut juga dihadiri pemerintah Hulu Sungai Tengah dan Pemerintah Tanah Laut.

Bacaan Lainnya

Sekda Prov Kalsel Roy Rizali Anwar dalam sambutannya menyampaikan Pemerintah Prov Kalsel terus berupaya meningkatkan kinerja organisasi perangkat daerah dengan indikator indikator yang telah ditetapkan, berdasarkan catatan rekomendasi laporan hasil evaluasi SAKIP tahun 2023.

Dalam evaluasi ini, Pemprov Kalsel melakukan evaluasi bagi tiga pemerintah kabupaten diantaranya tanah laut, Tapin dan hulu sungai tengah, kabupaten tersebut akan dinominasikan untuk naik peringkat.

“Evaluasi ini untuk memastikan bahwa pelayanan publik telah diselenggarakan dengan baik dan penggunaan anggaran digunakan secara tepat sehingga program pemerintah yang dilaksanakan memberi dampak positif bagi masyarakat luas, “kata Sekda

Oleh karena pada kesempatan ini, penting bagi kita semua untuk memberi perhatian serius terhadap hasil evaluasi sehingga kedepannya dapat menyusun langkah-langkah strategis dan efisensi kinerja instansi.

Sementara Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan II Kementerian PANRB Budi Prawira mengatakan tujuan evaluasi adalah untuk menilai perkembangan implementasi AKIP serta memberikan saran perbaikan yang diperlukan agar hasilnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakatnya.

“Jadi kita melaksanakan monitoring evaluasi untuk melihat sampai sejauhmana implementasi AKIP di laksanakan, serta memberikan masukan dan saran masih diperlukan untuk perbaikan terhadap SAKIP, “katanya.

Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin mengatakan bahwa semua saran dan masukan yang diberikan oleh pihak Kemenpan Reformasi Birokrasi RI akan kita perbaiki sehingga dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Kita ingin kinerja kita tidak hanya di akui oleh Pemerintah pusat namun juga oleh masyarakat, karena apa yang kita kerjakan untuk kepentingan masyarakat,” jelasnya.

Menurut Syarifuddin Evaluasi implementasi SAKIP kali ini bagi pemerintah daerah di Kabupaten Tapin terus berkelanjutan. Sehingga ini menjadi upaya dan langkah dalam peningkatan akuntabilitas dan kinerja instansi pemerintah yang lebih baik.

Selanjutnya, SAKIP hadir sebagai alat untuk mengukur sejauh mana kinerja atau pencapaian suatu instansi dalam mencapai sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan, dari hal tersebut kemudian dapat diidentifikasikan kekuatan dan kelemahan yang terjadi dalam proses penyelenggaraan pemerintahan.

“Pemerintah Kabupaten Tapin akan terus berupaya meningkatkan kinerja organisasi perangkat daerah dengan indikator-indikator yang telah ditetapkan, berdasarkan saran, masukan serta catatan bahkan rekomendasi laporan hasil evaluasi SAKIP Tahun 2023, “pungkasnya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait