Walikota Banjarbaru Ikuti Peletakan Batu Pertama Laboratorium Emerging Disease Kalimantan

Teks Foto : PELETAKAN BATU PERTAMA - Peletakan Batu Pertama Pembangunan Laboratorium Emerging Disease Kalimantan di Balai Veteriner Banjarbaru.(ist)(kalselpos.com)

Banjarbaru,kalselpos.com – Walikota turut serta mengikuti peletakan batu pertama pembangunan Laboratorium Emerging Disease Kalimantan di Balai Veteriner Banjarbaru, Rabu (10/07/2024) tadi pagi.

Pembangunan yang dibiayai langsung oleh Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) itu, nantinya akan dibangun kurang lebih seluas 3000 meter dengan anggaran biaya diperkirakan mencapai Rp 30 Miliar Rupiah.

Bacaan Lainnya

Kepala Balai Veteriner Banjarbaru, drh Putut Eko Wibowo mengatakan, pembangunan laboratorium ini dirancang dua lantai nantinya, serta dapat merespon penyakit-penyakit baru yang masuk ke Kalimantan.

“Di tahun 2022 banyak sekali penyakit-penyakit baru yang masuk ke Kalimantan oleh sebab itu dengan di bangun nya laboratorium ini kita bisa melakukan pendeteksian lebih dini,” ucapnya.

Menurutnya, selagi bisa di deteksi lebih cepat maka akan dapat mencegah penyakit yang masuk tanpa perlu adanya temuan hewan yang tertular.

“Pendeteksian penyakit tersebut mencakup semua jenis. Unggas, ternak sapi, kambing, dan domba. Selain itu kami juga bisa melakukan pengecekan produk hewan seperti bakso sapi, sosis dan lainnya. Apakah ada kandungan babi didalamnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin mengapresiasi dengan pembangunan laboratorium ini, sebab menurutnya sangat bagus sekali karena menambah sarana dan prasarana kesehatan di Kota.

“Apresiasi yang sangat luar biasa saya sampaikan dengan adanya laboratorium ini salah nyatanya bisa mencegah penularan penyakit lebih dini, ” kata Aditya.

Ia berharap, dengan adanya laboratorium ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kota Banjarbaru salah satunya tadi warga yang menjalankan usaha kecil bisa melakukan pengecekan produk hewaninya apakah Halal atau Haram.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait