Pemkab Kotim Gelar Khitanan Massal 1.158 Anak

Teks foto: Bupati Kotim Halikinnor saat memantau pelaksanaan khitanan massal gratis di Kecamatan Pulau Hanaut, belum lama ini. (Foto: Istimewa/Pemkab Kotim)(kalselpos.com)

Sampit, kalselpos.com
Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) gelar khitanan massal yang
disambut antusias masyarakat. Tercatat ada 1.158 anak yang menjalani khitan atau sunat gratis melalui kegiatan tersebut.

Bupati Kotim Halikinnor mengaku senang kegiatan tersebut disambut antusias masyarakat. Dia berharap kegiatan itu bisa membantu masyarakat, khususnya para orang tua yang memiliki anak laki-laki yang harus dikhitan.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan itu juga berdasarkan aspirasi masyarakat. Warga harus mengeluarkan biaya Rp500 ribu hingga Rp1 juta untuk mengkhitan anak mereka. Biaya itu tergantung metode khitan yang dipilih. Makanya warga meminta supaya ada khitanan massal gratis, sehingga itu kita laksanakan,” kata Halikinnor, Rabu (10/7/2024).

Halikinnor menjelaskan, beberapa hari yang lalu juga, Pemkab Kotim melaksanakan program khitan atau sunat massal yang merupakan salah satu kewajiban dalam ajaran agama Islam bagi anak laki-laki sebelum memasuki masa baligh. Khitan juga memiliki manfaat besar dari sisi kesehatan.

Kegiatan hasil kerja sama Dinas Kesehatan dengan Dinas Pendidikan ini dilaksanakan secara bergantian untuk melayani peserta di 17 kecamatan yang ada di Kotim. Masyarakat sangat antusias karena kegiatan sengaja dilaksanakan saat libur sekolah.

Peserta juga bersemangat, apalagi panitia menyiapkan bingkisan untuk mereka. Total ada 1.158 peserta dari seluruh kecamatan di Kabupaten Kotim yang ikut berpartisipasi pada kegiatan sunat massal tersebut.

Halikinnor juga menyempatkan waktu meninjau pelaksanaan khitanan massal di sejumlah kecamatan. Kesempatan itu digunakan masyarakat untuk menyampaikan terima kasih atas kegiatan yang dirasakan sangat membantu masyarakat tersebut.

Menyadari tingginya antusiasme masyarakat terhadap kegiatan khitanan massal gratis ini, Halikinnor memberi arahan kepada Dinas Kesehatan dan jajarannya untuk tetap melayani secara gratis jika masih ada peserta yang belum sempat hadir saat kegiatan dilaksanakan.

“Antusias masyarakat sangat tinggi. Alhamdulillah ternyata kegiatan ini dirasakan bermanfaat dan sangat membantu masyarakat. Nanti kalau diperlukan, akan kita upayakan lagi untuk melaksanakan khitanan massal ini,” pungkas Halikinnor.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait