Masa jabatan Diperpanjang, Kepala Desa di Kabupaten HSU Dikukuhkan Gubernur Kalsel

Teks foto: Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengukuhkan Kepala Desa yang diperpanjang masa jabatannya. (diskominfosandi)(kalselpos.com)

Amuntai, kalselpos.com – Kepala Desa di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dikukuhkan kembali, terkait perpanjangan masa jabatan kepala desa. Pengukuhan yang digelar di aula Idham Chalid Amuntai tersebut dipimpin Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, Rabu (26/06/2024).

Ada 214 kepala desa di Kabupaten HSU yang dikukuhkan yang kini jabatannya diperpanjang sampai 26 Desember 2026.

Bacaan Lainnya

Hadir dikesempatan itu, Pj Bupati HSU Zakly Asswan didampingi Ketua TP PKK HSU, Sekretaris Daerah (Sekda) HSU, Staf ahli dan para Camat, serta Lurah.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengungkapkan, perpanjangan masa jabatan ini merupakan amanah yang harus diemban dengan penuh tanggung jawab.

Ia menyebut, pencapaian dan kerja keras serta komitmen dalam menjalankan tugas dalam memajukan desa telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan Kabupaten HSU, serta Provinsi Kalimantan Selatan secara keseluruhan.

“Kepala desa seharusnya dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Untuk menjadikan kepuasan masyarakat sebagai tolak ukur utama keberhasilan,” katanya.

Ia juga menghimbau, agar para kades berinovasi dan memberikan pelayanan yang cepat, efisien dan transparan. Lanjutkan program program pembangunan yang telah berjalan dengan baik dan pastikan ada kesinambungan dan peningkatan dari seluruhnya.

“Jangan ragu untuk melakukan evaluasi dan perbaikan jika diperlukan. Tingkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa dan libatkan seluruh elemen masyarakat dalam proses perencanaan dan pelaksanaan hingga pengawasan pembangunan,” tambahnya.

Pengelolaan keuangan desa, dilakukan dengan prinsip transparansi dan akuntabilitas agar menggunakan dana desa seefektif dan seefisien mungkin untuk kesejahteraan masyarakat di desa, bahkan perlu menjaga kepercayaan yang telah diberikan masyarakat dengan mengedepankan integritas dalam mengambil sebuah kebijakan.

Gubernur berharap, Kades terus menggali dan mencari terobosan- terobosan kreatif untuk meningkatkan pendapatan asli desa terus kembangkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) jika ada, sehingga dapat menjadi motor penggerak ekonomi masyarakat.

“Jadikan perpanjangan masa jabatan ini sebagai bahan untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi desa. Jangan lupa, untuk mengkomunikasikan pencapaian program- program desa kepada masyarakat. Karena komunikasi program desa akan meningkatkan kepercayaan dan dukungan masyarakat,” pungkasnya.

Ia juga mengajak agar Kades tetap menjaga semangat dan komitmen dengan tidak terjebak dalam zona nyaman saja.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait