Diskominfo Kotabaru gelar Sosialisasi TTE

Teks : Sosialisasi Sertifikat Elektronik Digital Tanda Tangan Elektronik (TTE), bertempat di Aula Kantor Bupati Komplek Perkantoran Baru Sebelimbingan, Rabu.(kalselpos.com)

Kotabaru,kalselpos.com – Pemerintah Daerah Kotabaru melalui Dinas Komunikasi dan Informatika setempat menggelar Sosialisasi Sertifikat Elektronik Digital Tanda Tangan Elektronik (TTE) yang bertempat di Aula Kantor Bupati Komplek Perkantoran Baru Sebelimbingan, Rabu (26/6/2024) pagi.

Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Asisten III Sekda.Bidang Administrasi Umum H. Hairul Aswandi dan dihadiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Gusti Abdul Wakhid, para Camat se-Kabupaten Kotabaru serta sebagai narasumber dari BSRE Yohanes Tambunan, Kepala Seksi Layanan Persandian dan Keamanan Informasi Diskominfo Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Noor Ikhwanadi.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya Asisten III Sekda Kotabaru H. Hairul Aswandi mengatakan, pelayanan yang semakin cepat dan aman menjadi salah satu titik keunggulan yang ditawarkan Pemerintah Kabupaten Kotabaru kepada masyarakat.

“Penerapan E-Goverment merupakan suatu sarana dalam upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintah dan mempercepat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sertifikat Elektronik dan tanda tangan digital menjadi penting dalam mendukung penerapan E-Goverment dalam pengelolaan pemerintah di segala sektor,” ujar Asisten III Sekda ini.

Ia juga menjelaskan bahwa, langkah awal dalam penerapan penyelenggaraan tanda tangan elektronik maupun sertifikat elektronik di Kabupaten Kotabaru tentunya Pemerintah Daerah senantiasa akan mendorong percepatan penerapan penggunaan tanda tangan elektronik di Kabupaten Kotabaru.

“Di era digital penyelenggara, pengelola, perlindungan informasi dan faktor keamanan informasi merupakan aspek yang sangat penting untuk diperhatikan. Dengan teknologi digital, pelayanan pemerintah tidak lepas dari pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang memerlukan pengamanan khusus dari tindakan tidak bertanggung jawab,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kotabaru Gusti Abdul Wakhid memaparkan, tanda tangan elektronik adalah tanda tangan yang digunakan sebagai alat verifikasi dan otentifikasi secara digital menggunakan sertifikat elektronik. Sertifikat elektronik yang memuat tanda tangan digital dan identitas yang menunjukkan status subjek hukum para pihak dalam transaksi elektronik yang di keluarkan oleh penyelenggara Sertifikat Elektronik yaitu BSRE.

“Penggunaan tanda tangan elektronik membuat kinerja organisasi lebih ringan dan cepat, mengurangi kendala dan waktu untuk menyelesaikan administrasi. Ini semua dituangkan dalam Peraturan Bupati Kotabaru Nomor 163 Tahun 2022 tentang Penggunaan Sertifikat Elektronik di lingkungan Pemerintah Daerah serta sosialisasi ini juga sebagai upaya percepatan implementasi penyelenggaraan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) dalam hal ini pemenuhan aspek keamanan informasi,” tutupnya diakhir pembicaraan.

Senada dengan itu Kepala Seksi Layanan Persandian dan Keamanan Informasi Diskominfo Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Noor Ikhwanadi sebagai narasumber menyampaikan, adapun penggunaan dokumen secara digital meningkatkan tingkat keamanan dan meniadakan resiko pemalsuan dokumen dan pemalsuan tanda tangan dan juga meminimalisir dokumen hilang ataupun rusak.

“Sertifikat elektronik sangat praktis karena kita tidak perlu membawa banyak materi untuk melakukan tanda tangan digital ataupun menambahkan sertifikat digital pada suatu dokumen, namun cukup mengklik menu pada aplikasi yang sudah ditanamkan sertifikat serta manfaat tanda tangan elektronik diantaranya, hemat waktu, hemat biaya, legal dan aman, paperless office,” tandasnya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait