Pasang pipa distribusi Diameter 800 mm dan 400 mm: ini pesan wakil walikota Banjarmasin 

Teks foto : Wakil Walikota Banjarmasin, Arifin Noor dan Direktur Utama (Dirut) PAM Bandarmasih, Muhammad Ahdiat.(kalselpos.com)

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Dalam waktu dekat ini PT Air Minum Bandarmasih bakal memasang pipa distribusi Diameter 800 mm dan 400 mm, dari Jalan Ahmad Yani sampai dengan Jalan Setoyo S, Kecamatan Banjarmasin Barat.

 

Bacaan Lainnya

Sosialisasi atau ekspose rencana itu, di hadiri oleh Wakil Walikota Banjarmasin, Arifin Noor, di Aula PAM Bandarmasih, Selasa (25/6) kemarin.

 

“Sangat mendukung program yang dilakukan dilakukan oleh PAM Bandarmasih itu,” ujar Arifin, kepada sejumlah wartawan.

 

Program tersebut katanya, membantu untuk mengatasi segala macam keluhan dari masyarakat khususnya Banjarmasin Barat terkait distribusi air bersih yang masih minim.

 

“Karena pipa yang ada saat ini usianya sudah sangat tua, apabila tekanan maka akan mengalami masalah seperti kebocoran. Sehingga harus dilakukan peremajaan atau pergantian pada pipa tersebut,” ungkapnya.

 

Oleh sebab itu, Arifin berharap, dengan dapat dipasangnya pipa-pipa tersebut dapat meningkatkan pelayan di Banjarmasin Barat menjadi lebih baik lagi.

 

“Sehingga mayarakat bisa terlayani dengan baik, dan dapat lebih mudah mendapatkan air bersih,” pungkasnya.

 

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) PAM Bandarmasih, Muhammad Ahdiat, mengatakan, pemasangan pipa tersebut bertujuan untuk melakukan peremajaan pipa jaringan distribusi.

 

“Alhamdulillah, dalam kegiatan tersebut kita mendapat dukungan dari para perwakilan instansi yang hadir,” katanya Ahdiat.

 

“Setelah ini kita juga akan melakukan sosialisasi ke kelurahan-kelurahan yang dilalui oleh pipa yang dipasang tersebut,” sambungnya.

 

Lebih lanjut, Ahdiat memaparkan, peremajaan pipa tersebut dilakukan dari jalan Ahmad Yani Km 2,5 sampai dengan jalan Setoyo S.

 

“Jadi dari jalan Ahmad Yani itu sepanjang 1400 meter, dan di jalan Setoyo S sepanjang 1.200 meter. Untuk pipa yang dipasang itu pipa 800 mm dan 400 mm,” papar Ahdiat.

 

“Untuk proses pengerjaan diperkirakan akan memakan waktu kurang lebih selama 6 bulan, yang memakan biaya sebesar Rp75 miliar. Tapi kalau bisa akan kita usahakan lakukan percepatan,” lanjutnya.

 

Dimana, jelas Dirut, kegiatan peremajaan pipa tersebut salah satu upaya pihaknya yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan yang ada di kawasan Banjarmasin Barat.

 

“Alhamdulillah saat ini prosesnya sudah mulai ada titik terang, karena rencana ini sudah lama direncanakan, namun karena ada beberapa kendala sehingga tertunda,” jelas Dirut.

 

“Namun saat ini sudah berproses dengan baik, diperkirakan bulan September atau Oktober 2024 nanti proses pengadaan dilanjutkan pemasangan pipa sudah mulai berjalan,” lanjutnya.

 

Selama proses pemasangan pipa, ucap Ahdiat, mungkin akan berdampak terhadap arus lalu lintas di kawasan tersebut.

 

Pasalnya, untuk pemasangannya ini melalui jalan nasional sehingga akan mengganggu arus lalu lintas. Kendati demikian, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk meminimalisir dampak tersebut.

 

“Namun untuk pendistribusian air bersih, masyarakat tidak perlu khawatir, air tetap akan berjalan dengan normal. Hanya saat melakukan koneksi pipa saja, pompa akan dihentikan untuk sementara waktu,”tandasnya.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait