Pemkab Kotim Bekali Warga Keterampilan Kerja Cegah Penyalahgunaan Narkoba

Teks foto: Wakil Bupati yang juga Ketua BNK Kotim Irawati bersama Kepala BNN Provinsi Kalteng Joko Setiono pada pembukaan pelatihan keterampilan kerja bagi masyarakat untuk pencegahan narkoba, Kamis (20/6/2024). (Foto: Istimewa/Prokopim Kotim)(kalselpos.com)

Sampit, kalselpos.com – Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) untuk memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba di wilayahnya.

 

Bacaan Lainnya

Kali ini dengan menggalakkan pelatihan keterampilan kerja bagi masyarakat sehingga kegiatan positif ini diharapkan dapat mencegah mereka terjerumus dalam lingkaran narkoba.

 

Upaya ini dilakukan oleh Pemkab Kotim melalui Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kotim bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kalimantan Tengah.

 

Kepala Kepala BNN Provinsi Kalteng, Brigjen Pol Joko Setiono turut hadir dalam acara yang digelar di Kelurahan Baamang Barat, Kecamatan Baamang.

Sementara itu Pemkab Kotim diwakili Wakil Bupati Irawati yang juga Ketua BNK Kotim.

 

“Narkoba merupakan ancaman serius bagi masa depan bangsa. Tak hanya merusak kesehatan fisik dan mental, narkoba juga merusak tatanan sosial dan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu, upaya pencegahan dan penanggulangan narkoba harus melibatkan seluruh elemen masyarakat, termasuk melalui pemberdayaan masyarakat di kawasan rawan narkoba,” kata Joko Setiono, Jumat (20/6/2024).

 

Bimbingan teknis life skill atau keterampilan hidup ini bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan yang berguna bagi masyarakat. Dengan memiliki keterampilan yang memadai, masyarakat diharapkan dapat mandiri secara ekonomi, sehingga tidak tergoda oleh pengaruh negatif narkoba.

 

Program ini bukan hanya sekadar pelatihan, tetapi juga merupakan langkah konkret dalam membangun kesadaran dan ketahanan masyarakat terhadap bahaya narkoba.

 

“Keterampilan ini juga diharapkan dapat membuka peluang usaha dan lapangan kerja baru yang produktif,” harap Joko Setiono.

 

Sementara itu Wakil Bupati Kotim Irawati berharap para peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan sungguh-sungguh, serta mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang didapatkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

“Saya menyampaikan terima kasih kepada panitia penyelenggara serta semua pihak yang telah bekerja keras sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik. Saya juga mengucapkan selamat datang kepada para peserta yang telah berkomitmen untuk mengikuti kegiatan ini dengan penuh antusiasme,” ujar Irawati.

Irawati juga mengajak seluruh pihak, baik instansi pemerintah, organisasi masyarakat, serta seluruh komponen masyarakat untuk terus bersinergi dalam upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba.

 

“Hanya dengan kerja sama yang solid, kita dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan bebas dari narkoba. Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kita semua,” pungkas Irawati.

 

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

 

Pos terkait