Hasil Sementara Produksi Padi di HSS Capai 38.876 ton

Teks foto :  PANEN PADI- Pj Bupati HSS Hermansyah saat panen padi.(Sofan)(kalselpos.com)

Kandangan, kalselpos.com – Sebagai salah satu penyangga lumbung di Kalimantan Selatan (Kalsel), Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) terus berupaya meningkatkan hasil produksi pertanian baik padi maupun hortikultura melalui program-program bantuan dan pendampingan kepala para petani.

 

Bacaan Lainnya

“Untuk meningkatkan hasil produksi padi dan hortikultura, Pemkab HSS terus memberikan bantuan alat pertanian, bibit dan pendampingan,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten HSS Muhammad Noor, Selasa (18/6/2024).

 

Dikatakannya, hasil produksi padi di Kabupaten HSS tahun 2023 sebanyak 142.876 ton, dan untuk tahun 2024 dari Januari hingga Mei sudah mencapai 38.876 ton.

 

Sementara hasil produksi hortikultura cabe pada 2023 sebanyak 7.665,5 ton dan produsi pada 2024 dari Januari hingga Mei sudah mencapai 1.136,3 ton.

 

Menurutnya, hasil produksi tanam padi dan hortikultura di Kabupaten HSS setiap tahun terus mengalami peningkatan, yang tidak terlepas dari upaya-upaya yang telah dilakukan Pemkab HSS melalui Dinas Pertanian, memberikan pendampingan dan penyuluhan untuk teknis budidaya, dan pengendalian hama penyakit yang mengancam produksi.

 

Selain itu, Pemkab HSS mengoptimalkan alat mesin pertanian, baik traktor, pompa air pada musim kemarau, sehingga petani tidak mengalami kekeringan lahan.

 

Ia mengatakan, untuk meningkatkan hasil produksi padi, kita juga melakukan gerakan pengendalian hama pengganggu tanaman.

 

“Alhamdulillah, dengan pengendalian tersebut, kita tetap bisa menjaga produksi tetap meningkat,” ujar Muhammad Noor.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait