PWI Kalteng Siap Gelar Diskusi Publik Jelang Pilkada Serentak 2024 

Teks foto: PWI Kalteng gelar diskusi publik jelang Pilkada Serentak 2024. (Ist)(kalselpos.com)

Palangka Raya, kalselpos.com

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalteng dijadwalkan pada 20 Juni 2024 akan menyelenggarakan Diskusi Publik Jelang Pilkada Serentak Tahun 2024.

Bacaan Lainnya

 

Diskusi publik dengan tema “Mengawal Pilkada Serentak Kalteng Tahun 2024” dan subtema “Pilkada Sukses Keamanan Terjaga” ini digelar untuk menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri) Nomor 200.2.1/2222/SJ, tanggal 13 Mei 2024, tentang Stabilitas Kegiatan Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serentak Tahun 2024.

 

Kemudian, SE Ketua Umum PWI Pusat Nomor 391/PWI-P/LXXVIII/2024, tanggal 17 Mei 2024, ditujukan kepada Ketua PWI se-Indonesia untuk menindaklanjuti SE Mendagri tersebut.

 

Ketua PWI Kalteng M Zainal mengatakan, diskusi publik ini selain menindaklanjuti SE Mendagri dan Ketum PWI Pusat, juga merupakan bentuk kepedulian sebagai warga Kalteng yang menginginkan agar semua tahapan Pilkada serentak di Provinsi Kalteng berjalan aman, damai, dan lancar.

 

“Dalam diskusi publik ini, kami sengaja menghadirkan para narasumber yang merupakan pejabat penting terkait kamtibmas daerah seperti Kapolda Kalteng, Danrem 102/Panju Panjung, Kajati Kalteng, penyelenggara pilkada, penegak hukum, akademisi dan juga unsur pengusaha. Kami juga berharap agar Bapak Gubernur Kalteng bersedia menjadi narasumber,” jelas Zainal di Palangka Raya, Sabtu (15/6/2024).

 

Dengan digelarnya diskusi publik ini, diharapkan semua stakeholder (para pihak) untuk menjamin agar Pilkada Serentak tahun 2024 di Kalteng akan berjalan lancar, damai dan tenteram. Sehingga kehidupan masyarakat dan iklim usaha di sektor swasta (perkebunan, pertambangan, kehutanan dan lainnya) berjalan aman, damai dan juga kondusif. Pada akhirnya Pilkada Serentak ini merupakan pesta demokrasi bagi rakyat Kalteng hingga terpilihnya pemimpin-pemimpin yang memiliki legitimasi kuat dan dapat membawa kesejahteraan bagi masyarakat di daerah ini.

 

“Yang penting bagi masyarakat adalah stabilitas usaha dan pasar akan terjaga apabila Pilkada Serentak 2024 berjalan lancar. Kami tidak mempersoalkan siapa pun pemimpin yang terpilih nantinya, karena kami yakin semuanya mempunyai komitmen tinggi untuk membuat ekonomi di daerah ini terus berkembang, dan kehidupan masyarakat aman, damai dan kondusif hingga pasca pilkada,” ucap Zainal.

 

Dia juga mengharapkan, selain pemilu nanti dijalankan secara aman, tertib, dan lancar, partisipasi masyarakat juga tinggi. Sehingga legitimasi pemimpin yang terpilih, baik Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota nantinya juga baik.

 

Kegiatan diskusi publik ini akan diikuti oleh insan pers, unsur pemerintah, ormas, mahasiswa, tokoh masyarakat dan juga mengundang perwakilan pengusaha.

 

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait