Jelang Idul Adha 1445 Hijriah, Pj Bupati Tapin Pantau Harga Bahan Pokok Pasar keraton 

Teks foto  Pj Bupati Tapin M Syarifuddin saat melakukan pemantauan Ketersediaan dan Stabilitas Bahan Pangan Pokok di Pasar Keraton Kecamatan Tapin Utara dalam rangka Menyambut Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah Tahun 2024.(ist)(kalselpos.com)

Rantau, kalselpos.com – Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin melakukan pemantauan harga ketersediaan dan stabilitas bahan pokok di Pasar Keraton Kecamatan Tapin Utara, menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 hijriah. Sabtu (15/06/2024).

Dalam pantauannya Pj Bupati Tapin di dampingi Kepala Dinas Perdagangan Tapin Sugian Noor, Plt Asisiten Ekonomi dan Pembangunan Taufiqurrahman, Wakapolres Tapin Kompol Rainhard Maradona dan Perwakilan Kodim 1010 Tapin Kapten Zainal Arifin serta dinas terkait Lingkup Tapin.

Bacaan Lainnya

 

 

 

Pematauan dilakukan mulai di Pedagang beras, terpantau harga beras mengalami penurunan, kemudian menuju pedagangan ayam potong terpantau harga daging ayam mengalami kenaikan, lanjut ke pedagang daging dan pedaganga sayur-sayuran dan berakhir di pedagang telur ayam.

“Alhamdulillah dari pantauan kita bersama di Pasar Keraton untuk harga barang kebutuhan pokok stabil, “ ucap Pj Bupati Tapin usai melakukan pemantauan.

 

 

Namun demikian ada beberapa komoditas bahan pokok mengalami kenaikan harga, akan tetapi menurut dia kenaikkan tersebut masih dinilai wajar dan masih aman masih terjangkau masyarakat.

“Untuk daging ayam potong mengalami kenaikan, semula harga Rp40.000, perkilogram, sekarang dari pantauan kita menjadi Rp45.000,- Kalau untuk komoditas lainnya masih dalam tahap normal, “ ujarnya.

 

 

Sementara untuk stok ketersediaan bahan pokok lumayan cukup dan pendistribusianya berjalan lancar tidak ada penimbunan barang.

Pada kesempatan ini, saya menghimbau kepada para pedagang untuk tidak menaikkan harga di saat menjelang hari-hari besar keagamaan, dan hari lainnya, sehingga warga masyarakat untuk membeli kebutuhan pokok tidak terbebani dengan harga bahan pokok yang mahal.

Sementara Kepala Dinas Perdagangan Tapin Sugian Noor menambahkan, terkait naiknya harga daging ayam ras ini berasal dari distributurnya yang menaikkan harga, jadi para pedagang terpaksa menaikkan harga, hal itu disampaikan pedaganag kepada kami dinas perdagangan.

“Jadi kemungkinan naiknya daging ayam ras ini, menjelang hari raya idul adha adanya permintaan tinggi dari masyarakat, “tambahnya.

 

 

 

Sementara itu juga untuk telur mengalami kenaikan 1000 rupiah perkilogramnya, bahan pokok lainnya masih dalam keadaan normal.

Kemudian untuk pasokan ketersediaan barang bahan pokok masih mencukupi dan lancar sampai menjelang hari Raya Idul Adha 1445 hijriah.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait