Bupati Kotim Terima Penghargaan dari Kapolri

Teks foto: Bupati Kotim Halikinnor (paling kanan) saat menerima penghargaan pengembangan implementasi ETLE dari Kapolri, Rabu (12/6/2024). (Foto: Istimewa/Diskominfo Kotim)(kalselpos.com)

Sampit, kalselpos.com

Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor menerima penghargaan dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Bacaan Lainnya

 

Halikinnor diberi penghargaan pengembangan implementasi ETLE oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) atas pengadaan 14 unit perangkat Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile Handheld di wilayah yang dipimpinnya, yaitu Kabupaten Kotim.

 

“Alhamdulilah Kotim hari ini menerima penghargaan dari Polri atas dukungan terhadap pengembangan implementasi ETLE. Semoga ke depannya kami bisa terus bersinergi dengan kepolisian, terutama dalam bidang ketertiban berlalu lintas,” kata Halikinnor, Rabu (12/6/2024).

 

Kabupaten Kotim menjadi salah satu dari dua kabupaten yang meraih penghargaan pengembangan implementasi ETLE. Selain itu, ada delapan provinsi dan satu kota yang mendapat penghargaan yang sama.

 

Capaian ini tentu membanggakan. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam acara Rakernis Fungsi Lantas Tahun 2024 di Sleman, Yogyakarta.

 

Halikinnor menjelaskan, salah satu bentuk dukungan Pemkab Kotim terhadap kepolisian adalah dengan menghibahkan 14 unit ETLE Mobile Handheld kepada Polres Kotim. Tentunya ini juga mempunyai tujuan mulia, yaitu berharap agar masyarakat bisa lebih tertib dalam berlalu lintas.

 

Seperti diketahui, angka kecelakaan lalu lintas di Kotim setiap tahunnya cukup tinggi. Tidak sedikit kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa.

 

Ia menjelaskan, tingginya kasus kecelakaan lalu lintas seringkali bukan disebabkan masalah pada kendaraan tapi kurangnya disiplin dan ketertiban dari pengendara.

 

“Pemkab Kotim selalu siap bersinergi dengan pihak kepolisian dalam penegakan hukum, termasuk soal keamanan, keselamatan dan kelancaran berlalu lintas bagi masyarakat di Kotim,” ujar Halikinnor.

 

Hibah alat ETLE Mobile Handheld ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran pengendara dan ketertiban lalu lintas di Kotim, serta mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

 

ETLE Mobile Handheld adalah alat khusus berbentuk perangkat genggam berbasis teknologi informasi yang digunakan sebagai alat penegakkan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas. Alat ini ditempatkan di wilayah rawan pelanggaran yang tidak terjangkau oleh kamera ETLE statis.

 

Fungsi alat ini untuk merekam foto kendaraan dan terduga pelanggar untuk kemudian mengirimkan foto beserta data pelanggarannya melalui aplikasi ke dashboard ETLE Nasional untuk proses validasi. Karena berbentuk smartphone yang dapat dibawa kemanapun.

 

Dengan adanya alat itu ia mengingatkan kepada pengendara, jika ketika melakukan pelanggaran lalu lintas, lalu polisi yang ada di sekitar tidak langsung menilang bukan berarti pelanggaran tersebut tidak tercatat, sehingga jangan kaget ketika tiba-tiba ada surat tilang yang dikirimkan ke alamat pengendara yang melanggar lalu lintas.

 

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait