Bupati Abdul Hadi Buka Lomba “Bagagap Iwak “

Teks foto Bupati Balangan, H. Abdul hadi . Menyaksikan para peserta sedang mengagap iwak ( menangkap ikan) .(kurnadi)(kalselpos.com)

Paringin, kalselpos.com– Untuk lebih mengangkat budaya tradisional di masyarakat khususnya dikalangan masyarakat pedesaan di Kabupaten Balangan salah satunya kebiasaan masyarakat mencari ikan air tawar sungai atau sumur dengan melakukan secara alamiah yaitu tanpa mempergunakan alat pancing namun dengan menangkap dengan tangan atau alat lunta alat tradisional.

 

Bacaan Lainnya

 

Sehubungan dengan itu Pemerintah Kabupaten Balangan, bekerjasama dengan pihak pemerintah Desa Panggung Kecamatan Peringin Kabupaten Balangan mengelar lomba bagagap iwak ( menangkap ikan).

 

 

Lomba yang berlangsung pada Rabu (12/6/2024) di Desa Panggung Kecamatan

Paringin Selatan ini langsung dihadiri Bupati Balangan.

 

 

Dalam kesempatan ini H. Abdul hadi mengatakan, tradisi bagagap iwak ini merupakan suatu tradisi yang sudah ada puluhan tahun yang lalu diberbagai daerah.” Mungkin namanya saja yang berbeda tapi maknanya sama. Yaitu tata cara penangkapan iwak (ikan),”ujarnya.

 

Lebih lanjut H.Abdul Hadi mengatakan, dengan adanya acara lomba bagagap iwak ini bisa melestarikan budaya yang sudah ada khusus kepada generasi muda selain itu nilai silaturahmi dari para peserta.

 

Turut berhadir Kapolres Balangan, AKBP Riza Muttaqin, yang turut juga bergabung dengan peserta berbasah ria, termasuk Bupati Balangan H. Abdul. Hadi.

 

Dengan terampil melempar jaring ( lunta bahasa) serta kegiatan juga dihadiri para SKPD Balangan dan Camat Paringin Reza.

 

 

Para juara mendapatkan hadiah dari sepeda listrik untuk juara pertama sampai juara ke- 14 mendapat dana dari panitia pelaksana.

 

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait