Warga Desa Karang Rejo Bersyukur Adanya TMMD ke-120 Kodim 1022/TNB

Teks foto: Dandim 1022/TNB Letkol Inf Boni Berdian selaku Dan Satgas TMMD ke-120 turut bergotong royong meratakan jalan yang menghubungkan Desa Karang Rejo, Kecamatan Karang Bintang - Desa Danau Indah Kecamatan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, belum lama ini. (Foto: Istimewa/Pendim 1022/TNB)(kalselpos.com)

Tanah Bumbu, kalselpos.com – Desa Karang Rejo, Kecamatan Karang Bintang, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan,
menjadi sasaran Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 Kodim 1022/TNB tahun anggaran 2024 dengan tema “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah”.

Selama satu bulan penuh,
sejak 8 Mei – 7 Juni 2024, Satuan Tugas (Satgas) TMMD Kodim 1022/TNB tanpa kenal lelah berjuang siang dan malam, menyelesai sasaran pembangunan fisik dan non fisik.

Bacaan Lainnya

Sedangkan untuk personel yang diturunkan sebanyak 150 orang terdiri dari Komandan dan Satgas 15 orang, Tim Asistensi/penyuluh 25 orang, dan SSK TMMD 110 orang serta dibantu masyarakat setempat secara bergoyong toyong.

Pada program pembangunan fisik, TMMD ke-120 Kodim 120/TNB telah menyelesaikan pembangunan jalan sepanjang 5.400 meter dengan lebar 5,5 meter yang menghubungkan Desa Karang Rejo, Kecamatan Karang Bintang dengan Desa Danau Indah, Kecamatan Batulicin.

Kemudian pembangunan gapura di pintu masuk desa menjadi simbol ikonik TMMD ke-120, yang diharapkan dapat dikenang oleh generasi mendatang.

Selanjutnya pemasangan gorong-gorong dan pembuatan tanggul, renovasi sejumlah bangunan di desa setempat, seperti pos keamanan lingkungan (Pos Kamling), tempat ibadah, rumah tidak layak huni, fasilitas MCK serta pembuatan sumur bor di tiga titik strategis.

Selain itu menanam 200 bibit pohon di lahan seluas 25 hektare sebagai bagian dari upaya pelestarian lingkungan. Adapun jenis pohon yang ditanam meliputi mahoni, pete, jengkol, mangga dan sengon.

Sedangkan pada pembangunan non fisik, melaksanakan penyuluhan wawasan kebangsaan, bela negara dan bahaya narkoba. Kemudian pelayana KB, pemberian makanan tambahan ibu hamil dan anak, anak stunting serta beberapa kegiatan lainnya.

Untuk diketahui khusus pembangunan jalan yang menghubungkan dua desa tersebut, tentunya sebuah penantian panjang masyarakat Desa Karang Rejo untuk memudahkan akses ke pusat pemerintahan.

Seorang warga Desa Karang Rejo, Ridho Bustami menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya dengan selesainya kegiatan TMMD di desanya.

“Kami warga Desa Karang Rejo mendukung dengan sepenuh hati kegiatan TMMD ini” katanya kepada kalselpos.com.

Dukungan itu ungkapnya, dibuktikan oleh warga yang rela menebang pohon karetnya untuk pelebaran jalan yang menghubungkan Desa Karang Rejo, Kecamatan Karang Bintang dengan Desa Danau Indah Kecamatan Batulicin.

“Sebagian besar di desa kami ini petani karet dengan terbukanya jalan itu maka mempermudah mereka untuk membawa dan menjual hasil kebunnya,” terangnya.

Senada dengan Ridho Bustami, Kepala Desa Karang Rejo, Bina Wafily juga mengutarakan rasa syukurnya atas keberhasilan pelaksanaan pembangunan program TMMD ke-120 di desanya.

“Saya selaku Kepala Desa Karang Rejo, mengucapkan terima kasih kepada TNI AD khususnya Kodim 1022/Tanah Bumbu
yang telah memilih pelaksanaan kegiatan TMMD di desa kami,” ucapnya.

Menurutnya, hanya TMMD yang mampu mengerjakan pembangunan dalam waktu sesingkat itu, dikerjakan hanya dalam waktu satu bulan.

“Terutama dengan terbukanya akses jalan antara Desa Karang Rejo – Desa Danau Indah, bisa mempercepat waktu kami jika berurusan ke kantor bupati. Sebelumnya bisa sampai 1 jam lebih, sekarang cuma 15-30 menit sudah sampai,” tuturnya.

Sebelumnya, Dandim 1022/TNB Letkol Inf Boni Berdian selaku Dan Satgas TMMD ke-120 dalam keterangannya menekankan pentingnya jalan baru itu untuk pembangunan perekonomian di desa Karang Rejo.

Sebab, mata pencaharian masyarakatnya setempat kebanyakan bekerja di wilayah pertanian dan perkebunan.

Diharapkannya, jalan baru ini akan memudahkan masyarakat Desa Karang Rejo untuk mengembangkan perekonomian mereka melalui hasil perkebunan
dan bisa meningkatkan sentra ekonomi baru bagi masyarakat.

Akhirnya, kegiatan TMMD ke-120 Kodim 1022/TNB selesai dan sukses.

Secara resmi ditutup langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc.
melalui upacara di Lapangan Desa Karang Rejo, Kecamatan Karang Bintang dan penandatanganan penyerahan hasil TMMD kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dalam hal ini Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar, Jumat (7/6/2024).

Kasad selaku Penanggung Jawab Operasional (PJO) TMMD dalam sambutannya mengapresiasi seluruh kegiatan yang dilakukan oleh Satgas TMMD ke 102 Kodim 1022/Tanah Bumbu yang berlangsung selama satu bulan.

Jenderal bintang empat itu
mengatakan, bahwa Program TMMD merupakan momentum bersama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat agar menjadi lebih baik dan merata, terutama di wilayah terpencil, terluar dan terisolir (3T).

“TMMD ke-120 dilaksanakan serentak di 50 wilayah Kabupaten/Kota sejak 8 Mei hingga 7 Juni 2024,” ungkapnya.

Dia menjelaskan
TMMD merupakan program lintas sektoral yang bertujuan meningkatkan infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat di desa yang membutuhkan.

“Lewat program ini, TNI-Polri, Pemda, dan masyarakat setempat, membangun berbagai fasilitas kesehatan, pendidikan, tempat ibadah, renovasi rumah tidak layak huni, penyediaan air bersih, hingga ketahanan pangan,” sebutnya.

TMMD lanjut Kasad, adalah bukti nyata kolaborasi antara TNI-Polri, pemerintah, dan masyarakat dalam memajukan daerah-daerah 3T.

“Untuk itu saya merasa bangga dan berterima kasih atas hasil kerja keras seluruh pihak yang telah bergotong royong membangun wilayah dengan penuh semangat dan kekeluargaan,” tutur Kasad, seraya menambahkan bahwa TMMD juga berperan untuk menumbuhkan kecintaan dan kemanunggalan rakyat dengan TNI.

Di penghujung sambutannya Kasad menegaskan komitmen TNI dalam melanjutkan program serupa di masa mendatang, serta berharap hasil-hasil TMMD dapat dipelihara, agar masyarakat dapat merasakan manfaatnya dalam waktu lama.

Sebelum menutup secara resmi TMMD ke-120 di wilayah Kodim 1022/TNB,
Kasad menerima paparan hasil pelaksanaan TMMD
dari Dandim 1022/TNB Letkol Inf Boni Berdian,
baik sasaran fisik maupun non fisik.

Di akhir paparannya Dandim 1022/TNB Letkol Inf Boni Berdian, menyampaikan terima kasih kepada Kasad yang telah meresmikan sekaligus menutup kegiatan TMMD ke-120 Kodim 1022/TNB.

Usai menutup TMMD ke-120, Kasad beserta rombongan pejabat TNI AD lainnya, memberikan bantuan sosial kepada masyarakat sekitar, dilanjutkan meninjau sekaligus meresmikan lokasi TMAB di Desa Karang Rejo.

Kegiatan juga dihadiri Pangdam VI/Mulawarman Mayjend TNI Tri Budi Utomo, Danrem 101/Antasari Brigjend TNI Ari Ariyanto, unsur Forkopimda, pejabat daerah, tokoh agama dan masyarakat.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait