Hewan Kurban berdatangan di RPH Basirih, sebagian kelelahan

Teks foto : Para petugas UPT RPH BASIRIH Banjarmasin melakukan pemeriksaan hewan kurban yang baru tiba di tempat itu.(kalselpos.com)

BANJARMASIN, kalselpos.com – Ratusan ekor hewan kurban dari sejumlah daerah mulai berdatangan, di Rumah Potong Hewan (RPH) Basirih, yang berada di Jalan Tembus Mantuil, Basirih Selatan, Banjarmasin Selatan, Rabu (5/6/2024).

Kedatangan hewan Kurban jenis Sapi ini, langsung mendapatkan pemeriksaan antemortem atau evaluasi visual dan fisik hewan oleh petugas terkait.

Bacaan Lainnya

“Kemarin saja sudah ada masuk 159 ekor, nanti 250 ekor, bertahap ada lagi 200 ekor yang akan masuk,” ujar Kepala UPT RPH Basirih, Annang Dwijatmiko.

Annang pun mengungkapkan, pemeriksaan mulai dari kepala sampai organ genitalnya, lengkap atau tidak. Kemudian apakah ada kecacatan hingga infeksi penyakit.

Dirinya juga menjelaskan, dari banyaknya sapi potong yang datang ini memang ada ditemukan beberapa yang mengalami kelelahan akibat perjalanan. Itu ada yang diobati, hingga harus dipotong paksa.

“Itu wajar lah. Yang dipotong ini, bisa untuk kebutuhan daging segar di pasar. Sisanya bisa untuk stok kurban,” katanya.

Terkait dengan antisipasi penyakit Zoonosis, seperi brucellosis ataupun penyakit hewan yang berisiko menular lainnya. Annang memastikan itu aman.

“Sebab syarat sapi potong untuk bisa masuk ke Kalimantan Selatan, itu harus sudah terbebas brucellosis ketika di tes,” pungkasnya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait