Pemkab Kotabaru gelar Upacara Hari Lahir Pancasila tahun 2024

Teks : Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, SH hadir di upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 dengan mengenakan pakaian adat dari Suku Banjar, Baju Baamar Galung Pancar Matahari.(kalselpos.com)

Kotabaru, kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Kotabaru menggelar upacara Hari Lahir Pancasila di Halaman Exs Kantor Bupati Kotabaru, Sabtu (1/6/2024) pagi.

 

Dengan mengenakan pakaian adat dari Suku Banjar, Baju Baamar Galung Pancar Matahari, Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, SH hadir di upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 dengan mengangkat tema, Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2025.

 

Selain Bupati upacara ini juga dihadir oleh Wakil Bupati Kotabaru Ketua dan Wakil Ketua DPRD, Kotabaru, Sekretaris Daerah, Forkopimda, Ketua TP-PKK Kabupaten, Ketua DWP, Kepala SKPD serta para tamu undangan lainnya.

 

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Dandim 1004/Ktb Letkol Inf Deden Ika Drajat, S.A.P.

 

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Yudian Wahyudi dalam sambutannya yang dibacakan Dandim 1004/Kotabaru Letkol Inf Deden Ika Drajat mengatakan, di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong-royong, keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinekka Tunggal Ika”.

 

“Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa dimana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” tutur Dandim Lelkol Inf Deden Ika Drajat.

 

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan dipedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia,” ungkapnya pula.

 

Diakhir upacara diisi dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati

dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Kotabaru ke-74 yang juga jatuh pada tanggal 01 Juni dan Launching Peluncuran Logo Akses Sa-Ijaan (Anak Kotabaru Semua Sekolah) dalam mensukseskan program Penanganan Anak Tidak Sekolah di Kabupaten Kotabaru yang ditandai dengan pelepasan balon serta dilanjutkan dengan Penandatanganan Dukungan dan Komitmen bersama dalam Program Penanganan Anak Tidak Sekolah di Kabupaten Kotabaru, dimana penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemerintah Kabupaten Kotabaru dengan Kemen Kum Ham dengan Bupati bersama Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemen Kum Ham Provinsi Kalimantan Selatan dan Penandatanganan Nota Kesepakatan Kotabaru terhadap Dukungan Pelaksanaan PSDKU antara Bupati dengan Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait