Jelang Lebaran, Harga bahan pokok di Bumi Sanggam relatif stabil

Teks foto Dinas Perdagangan dan Perindustrian Balangan melaksanakan harga dan ketersedian bahan pokok.(ist)(kalselpos.com)

Paringin, kalselpos.com– Harga bahan pokok pada sejumlah pasar di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan saat menjelang hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah relatif stabil mulai dari harga cabai hingga telur.

“Saat kami melakukan sidak harga hasilnya tidak ada yang naik signifikan saat menjelang lebaran ini, naiknya hanya kisaran Rp1.000-3.000 saja kecuali cabai rawit lokal sama cabai tiung yang biasanya naik mendadak,” kata Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Balangan Herlina di Paringin, Kabupaten Balangan, Kamis (4/4).

Bacaan Lainnya

 

Herlina menuturkan karena untuk harga cabai ini tidak bisa diprediksi, pagi ini harganya Rp50 ribu siang atau sorenya harga sudah bisa berbeda karena naik turun.

Dia juga memastikan tidak ada harga bahan pokok yang naik signifikan, beberapa ada yang naik seperti harga daging ayam ras, kacang tanah dan bawang.

“Naiknya pun hanya sekitarRp2.000-3.000 saja tidak jauh selisihnya dari harga sebelum menjelang lebaran, serta untuk cabai dan telur sudah turun harganya sekitar Rp1.000,” ujar Herlina.

 

Sementara itu Kabid Kemetrologi dan Stabilitas Harga Dinas Perdagangan Balangan Misrinawati menjelaskan untuk harga cabai jenis rawit merah saat ini seharga Rp100 ribu per kilogram dan cabai tiung Rp60 ribu per kilogram.

Kemudian lanjut Misrinawati, untuk harga telur ayam ras per butirnya Rp2.200, telur itik Rp2.500, kacang tanah lokal Rp24 ribu per kilogram, daging sapi murni Rp150 ribu per kilogram, minyak goreng curah Rp15 ribu per liter dan gula pasir premium Rp20 ribu per kilogram.

“Untuk harga beras juga stabil pada kisaran Rp11.000-15.000 per liter, semoga harga ini dapat terus stabil nantinya,” imbuhnya.

Diketahui sidak harga pasar jelang lebaran tersebut juga diikuti oleh jajaran Polres Balangan, Kodim 1001/HSU-BLG, Kejari Balangan serta pemerintah daerah.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait