Pemkab HSU Bakal Siapkan Operasi Pasar Jelang Ramadhan

Teks foto: Salah satu operasi pasar murah yang dilaksanakan Diskuperidag belum lama tadi. (adiyat)

Amuntai, kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) bakal menyiapkan operasi pasar menjelang Ramadhan 1445 H.

Operasi pasar sebagai langkah untuk pengendalian inflasi dan menjaga kestabilan harga di pasaran. Pasalnya, sejumlah kebutuhan bahan pokok (Sembako) mulai merangkak naik menjelang bulan suci Ramadhan.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskuperidag) HSU, melalui Kabid Perdagangan, M Isnaini Menuturkan, pengendalian inflasi dan mengantisipasi kenaikan harga sembako dipasaran, pihaknya telah menyiapkan operasi pasar yang rencananya digelar di beberapa titik, tepatnya di sepuluh kecamatan di Kabupaten HSU.

“Menjelang suci Ramadhan, harga-harga di pasaran mulai naik, misalnya bahan pokok seperti beras, cabai rawit, ayam, daging dan sebagainya, ada kemungkinan setiap tahun itu mendekati bulan Ramadhan, meningkat harganya,” bebernya, Rabu (21/2/2024).

Ia menambahkan, kenaikan harga kebutuhan pokok diakibatkan oleh tingginya permintaan. Stok yang dibutuhkan harus mengimbangi peningkatan permintaan di masyarakat.

Selain itu, tambahnya faktor jumlah hasil produksi di kalangan petani seperti cabe rawit yang sudah mulai menurun, sehingga hasil produksi berbanding terbalik dengan jumlah permintaan terlebih menjelang bulan Ramadhan.

“Kendati ada kenaikan sejumlah komoditas bahan pokok seperti cabai rawit, masyarakat agar dapat mencari alternatif lain seperti memilih cabai rawit jenis lainnya, sehingga tingkat ekonomi keluarga tetap seimbang,” ujarnya.

Memastikan ketersediaan pasokan, seperti minyak goreng, beras, gula pasir, dan tepung terigu, dan kondisi harganya di pasaran, Diskuperidag HSU juga akan melakukan kegiatan monitoring ke lapangan khususnya di beberapa distributor bahan pokok.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait