Cegah Lonjakan Kasus DBD dengan Memaksimalkan PSN

Teks foto: Tim kesehatan melakukan proses Fogging di beberapa titik untuk membunuh nyamuk dewasa penyebab DBD.

Amuntai, kalselpos.com – Upaya pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) tidak hanya dilakukan secara sepihak dari Pemerintah daerah maupun Dinas terkait, melainkan melibatkan seluruh masyarakat.

Tren kasus DBD di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) yang dari awal tahun 2024 lumayan tinggi tersebut, akan semakin berkurang di bulan-bulan berikutnya.

Bacaan Lainnya

Pemerintah daerah dan Dinas Kesehatan di HSU telah berupaya menanggulangi persoalan kasus DBD ini.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Fajeri, program yang telah berjalan dan diutamakan, serta dapat dilakukan masyarakat yakni, pemberantasan sarang nyamuk (PSN), hal ini mendeteksi dini jentik nyamuk, sehingga dapat dibasmi secara langsung.

“Kalau hanya melakukan Fogging, itu hanya untuk nyamuk dewasa, tetapi jentik nyamuk yang masih tersisa tidak mati, maka itu perlunya melakukan PSN terutama di tempat genangan air bersih,” terangnya

PSN dapat dilakukan dengan kegiatan 3M Plus, menguras, menutup dan memanfaatkan atau mendaur ulang barang bekas, plus mencegah gigitan nyamuk.

Pencegahan gigitan nyamuk yang dimaksud, dengan penggunaan cairan anti nyamuk, memberantas jentik menggunakan larvasida di genangan air dan menanam tanaman pengusir nyamuk.

Kemudian juga mengaktifkan dan memperkuat Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik (G1R1J) untuk mewujudkan peran anggota keluarga sebagai juru pemantau jentik (Jumantik) di rumah.

Selain itu juga melakukan G1R1J di lingkungan perkantoran, sekolah mauli tempat-tempat umum.

“Pemberantasan sarang nyamuk ini, satu cara yang dinilai lebih efektif daripada hanya sekadar dengan melakukan fogging,” tambahnya.

Pelaksanaan fogging sendiri bisa dilakukan, tetapi setelah adanya beberapa proses, diantaranya ada tahapan penyelidikan epidemiologi di lokasi yang terdapat kasus DBD.

Selain menggencarkan PSN dengan melibatkan berbagai pihak, Dinkes HSU telah menyiapkan kesiapan logistik pendukung. Salah satu logistik yang turut disiapkan berupa ketersediaan alat tes cepat berupa Rapid Diagnostic Test (RDT) Dengue.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait