Pengurus Bank Sampah di Kabupaten Banjar ikuti Pelatihan Management

Teks foto Pembukaan Pelatihan Management Bank Sampah dan Peningkatan Sumber Daya Pengurus Bank Sampah di Kabupaten Banjar digelar di PSBB MTsN 6 Banjar, Desa Indrasari, Kecamatan Martapura, Senin (05/02/2024) pagi.(ist)

Martapura, Kalselpos.com– Pembukaan Pelatihan Management Bank Sampah dan Peningkatan Sumber Daya Pengurus Bank Sampah di Kabupaten Banjar digelar di PSBB MTsN 6 Banjar, Desa Indrasari, Kecamatan Martapura, Senin (05/02/2024) pagi.

Kegiatan yang diprakarsai Bank Sampah Sekumpul (BSS) ini berkolaborasi dengan Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Banjar dengan support dari PT Tanjung Alam Jaya (TAJ).

Bacaan Lainnya

Usai membuka kegiatan, Kepala DPRKPLH Banjar diwakili Plt Sekretaris H Gusti Rendi Firmansyah mengatakan, pelatihan tersebut sebagai bentuk partisipasi dari pelaku usaha yang ada di Kabupaten Banjar, dimana mendukung penuh terkait program utama pihaknya yakni bank sampah.

“Seperti PT TAJ salah satu pendukung investasi mensupport pemerintah melalui DPRKPLH dalam hal ini terkait kegiatan pelatihan kapasitas SDM pengurus bank sampah se-Kabupaten Banjar,” tuturnya.

Lebih lanjut, Rendi sapaan akrabnya menyebut melalui pelatihan ini pihaknya memberikan pengetahuan untuk mengenal kepada pengurus, bahwa sampah memiliki nilai ekonomi yang bisa menjadi satu alternatif pendapatan.

“Semoga para peserta mempunyai pemikiran yang sama untuk mengelola sampah agar bisa dimanfaatkan menjadi pendapatan alternatif masyarakat dengan beberapa pengelolaan berupa barang jadi maupun layak pakai,” harapnya.

Sementara Management PT TAJ Retno menyampaikan fasilitas yang diberikan selama kurang lebih satu tahun bermitra dengan Pemkab Banjar berupa pembangunan bank sampah berirama di Desa Mengkauk Kecamatan Pengaron.
Desa tersebut merupakan ring 1 di sekitar area operasional kerjanya. 
“Agustus kemaren bangunan tersebut sudah diresmikan oleh Sekda HM Hilman,” ungkapnya.

Retno menambahkan melalui pelatihan tersebut nantinya produk dari bank sampah yang ada di Kabupaten Banjar ditargetkan dapat masuk di kancah nasional bahkan internasional.

Kegiatan tersebut dihelat selama 3 hari yakni dari 5-7 Februari 2024 menghadirkan beberapa narasumber diantaranya DLH Provinsi Kalsel, Ketua TP PKK dan DPRKPLH Banjar. Diikuti 35 peserta terdiri dari 17 bank sampah yang ada di Kabupaten Banjar.

 

Hadir Camat Martapura Fahrian Rahman, Kabid Pengelolaan Sampah dan B3 Sutiyono, Management PT TAJ M Ridho Rasyid, Direktur BSS Dewi Heldayati, para peserta dan undangan lainnya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait