Peringati Bulan K3, PT BUMA Jobsite Geo-Aje Gelar Bersih-bersih Pantai

Teks foto:  Jajaran PT Buma bersama Muspika Angsana saat berada di Pantai Angsana dan peserta aksi bersih-bersih Pantai Angsana foto bersama usai kegiatan. (Istimewa)

Batulicin, kalselpos.com – PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA) Jobsite Geo-Aje gelar kegiatan “Coastal Clean Up” atau bersih-bersih pantai dan tanam pohon di Pantai Angsana, Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimanatan Selatan, Minggu, (21/1/24) kemarin.

 

Bacaan Lainnya

Aksi tersebut selain sebagai bentuk corporate social responsibility (CSR) perusahaan sekaligus dalam rangka memperingati Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)  Nasional yang berlangsung dari tanggal 12 Januari – 12 Februari 2024.

 

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk menumbuhkan kesadaran kepada semua pihak terkait dengan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan khususnya di pesisir pantai agar bebas dari sampah yang sulit terurai oleh tanah.

 

Adapun kegiatan ini diikuti perwakilan BUMA dihadiri oleh Hengky Ronald selaku Support Manager, Tony Friyanto selaku Mining Manager, Rudy Hariyanto selaku Superintendent SHE BUMA Jobsite Geo-Aje.

 

Tampak hadir dalam kegiatan bersih-bersih pantai ini diantaranya Camat Angsana, Liana Hamita beserta jajaran, perwakilan Polsek Angsana, Budi selaku Kanit Binmas, perwakilan Koramil Angsana Suwiko dan tim Koramil setempat.

 

Didukung pula kehadiran Kepala Desa Angsana, Sayid Firdaus, Kepala Desa Sumber Baru, Dwi Purnani, Kepala Desa Bayansari, Misransyah, Kepala Desa Mekar Jaya,Yono, Kepala Desa Makmur, Sudirman.

 

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi dari Pemkab Tanbu melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang diwakili Siti Fatimah dan SMA 1 Angsana beserta 5 sekolah binaan adiwiyata yang dimana kegiatan ini bisa menjadi nilai tambah bagi SMA 1 Angsana untuk meraih Adiwiyata Mandiri.

 

Rangkaian aksi bersih bersih diawali dengan melakukan senam pagi bersama yang dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait Enviro dari tim SHE BUMA untuk menumbuhkan kesadaran peserta terkait pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan.

 

Menariknya, peserta di bagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan pembersihan sampah di area pantai yang nantinya kelompok dengan jumlah sampah terberat akan mendapatkan hadiah dari panitia.

 

Tidak hanya bersih-bersih pantai, dalam kegiatan ini dilakukan juga penanaman 19 pohon produktif secara simbolis oleh para peserta.

Secara simbolis juga diserahkan 2 buah gazebo yang dibangun di pantai Angsana dan tong sampah sebanyak 18 buah oleh management BUMA, Hengky Ronald kepada Kepala Desa Angsana selaku pemangku wilayah, Sayid Firdaus.

 

Kegiatan pada pagi hingga siang hari itu ditutup dengan makan siang bersama di lokasi oleh seluruh peserta kegiatan Coastal Clean Up.

 

Adapun jumlah total bantuan yang diserahkan dan untuk pelaksanaan agenda tersebut adalah sebesar Rp40 juta.

 

“Semoga apa yang sudah BUMA berikan dapat membawa manfaat bagi warga lingkar tambang kami serta ikut serta memajukan desa-desa yang menjadi lingkar tambang BUMA” ucap Hengky Ronald, Support Manager PT Buma.

 

Sementara itu ucapan apresiasi dan terimakasih atas kegiatan ini disampaikan Sayid Firdaus kepada PT BUMA atas kegiatan serta bantuan yang sudah diberikan untuk Desa Angsana khususnya di Pantai Angsana.

 

Menurutnya, dukungan dan kontribusi perusahaan sangat besar terhadap kemajuan dan pembangunan desa yang ada di lingkar tambang perusahaan.

 

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait