Brunei Darussalam Salah Satu Negara Terkaya di Dunia

Bendera negara Brunei Darussalam. (ist/net)-Brunei Darussalam Salah Satu Negara Terkaya di Dunia

kalselpos.com – Brunei Darussalam atau Brunei dengan Ibu Kota Bandar
Seri Begawan adalah negara berdaulat di Asia Tenggara yang terletak di pantai utara pulau
Kalimantan.

Brunei Darussalam adalah sebuah negara monarki absolut. Monarki absolut adalah sistem pemerintahan yang kepala Negara dan kepala pemerintahannya adalah seorang Raja atau Sultan.

Bacaan Lainnya

Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan Brunei Darussalam adalah seorang Sultan, yaitu Sultan Hassanal Bolkiah yang juga merangkap sebagai Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan.

Negara ini memiliki wilayah seluas 5.765 km² dengan jumlah penduduk sebanyak 471.103 jiwa (2021). Mayoritas penduduk Brunei Darussalam memeluk agama Islam yaitu sebanyak 78,8%.

Bahasa Melayu adalah bahasa resmi negara yang kebanyakan etnisnya adalah etnis Melayu (65,7%).

Saat ini, Brunei Darussalam memiliki
Indeks Pembangunan Manusia tertinggi kedua di Asia Tenggara setelah
Singapura, sehingga diklasifikasikan sebagai Negara maju.

Menurut Dana Moneter Internasional, Brunei memiliki produk domestik bruto per kapita terbesar
kelima di dunia dalam
keseimbangan kemampuan berbelanja.

Sementara itu, dilansir dari majalah Global Finance, Brunei Darussalam adalah masuk dalam daftar 10 negara paling Kaya di Dunia. Penentuan daftar negara paling kaya di dunia didasarkan pada Pendapatan Domestik Bruto atau PDB.
Pendapatan Domestik Bruto negara Asia Tenggara ini tercatat sebesar 65.675 dolar AS per kapita.

Selain itu, Brunei juga terkenal dengan kemakmurannya dan ketegasan dalam melaksanakan Agama Islam, baik dalam bidang pemerintahan maupun kehidupan bermasyarakat. Pada tahun 2020, tercatat bahwa Brunei memiliki penduduk sebanyak 460,345 jiwa.

Islam ialah agama resmi Brunei, dan Sultan Brunei merupakan kepala agama negara itu. Agama-agama lain yang dianut termasuk agama Buddha (terutamanya oleh orang Tiong Hoa), agama Kristen, serta agama-agama orang asli (dalam komunitas-komunitas yang teramat kecil).

Ekonomi Brunei Darussalam bertumpu pada sektor minyak bumi dan gas dengan pendapatan nasional yang termasuk tinggi di dunia.
Unit Mata Uang Resmi adalah ringgit Brunei, namun biasa disebut Dollar Brunei (B$) memiliki nilai sama dengan Dolar
Singapura.

Selain bertumpu pada sektor minyak bumi dan gas, pemerintah Brunei mencoba melakukan diversifikasi sumber-sumber ekonomi melalui upaya peningkatan di bidang perdagangan dan Industri.

Di hubungan luar negeri, Brunei Darussalam bergabung sebagai negara ASEAN yang ke-6 pada tanggal 7 Januari 1984. Brunei Darussalam juga merupakan anggota PBB dan lembaga-lembaga di bawah PBB, negara anggota APEC, OKI (organisasi Kerjasama Islam) dan Asian Development Bank (ADB).

Brunei Darussalam merupakan wilayah bekas jajahan Inggris (Britania Raya), negara ini secara resmi memperoleh kemerdekaan sepenuhnya pada tanggal 1 Januari 1984.

Namun perlu diketahui, peringatan hari nasional Brunei Darussalam dilangsungkan pada tanggal 23 Februari, bukan 1 Januari. Tanggal 23 Februari merupakan hari nasional yang selalu diperingati setiap tahun.

Bendera negara Brunei Darussalam memiliki warna latar belakang kuning, terdapat garis putih dan hitam di bidangnya. Kemudian di tengah-tengah bendera terdapat lambang negara.

Bendera Brunei Darussalam ini diperkenalkan pada tanggal 29 September 1959 atau saat Brunei masih dalam kekuasaan Britania Raya.

Adapun nakna bendera dan lambang Brunei Darussalam, warna kuning pada latar belakang merupakan warna tradisional untuk seorang raja-raja, hal ini dapat dilihat pada kerajaan-kerajaan di Malaysia, Indonesia dan Thailand.

Kemudian lambang negara Brunei Darussalam yang berada di tengah-tengah bendera terdiri dari bulan sabit atau lambang negara Islam. Kemudian terdapat payung obor di atasnya, melambangkan pemerintahannya dikuasai oleh seorang Sultan.

Dibawah payung terdapat sayap yang melambangkan keadilan, kedamaian, kemakmuran dan keamanan. Keempat terdapat sepasang tangan disebelah kiri dan kanan bulan sabit.

Selanjutnya terdapat motto dalam huruf Jawi pada bulan sabit, bunyinya
“Sentiasa berkhidmat dengan panduan Tuhan”. Terakhir terdapat tulisan Negara Brunei Darussalam dalam bahasa Jawi di bagian bawah bulan sabit.

Secara Administratif, Brunei Darussalam terbagi atas 4 wilayah distrik. 4 wilayah distrik itu adalah
Distrik Belait Ibu Kota Kuala Belait, Brunei-Muara Ibu Kota Bandar Seri Begawan, Temburong Ibu Kota Pekan Bangar, Tutong Ibu Kota Pekan Tutong.

Budaya Brunei seakan sama dengan budaya
Melayu, dengan pengaruh kuat dari Islam, tetapi kelihatan lebih konservatif dibandingkan Malaysia danIndonesia. Penjualan dan penggunaan alkohol diharamkan.

Seperti negara lainnya, Brunei memiliki kesenian tradisional khas yang berkembang dari masa ke masa. Dari jumlah kesenian yang ada di Brunei, tari adai-adai cukup populer di kalangan masyarakatnya.

Tari adai-adai yang menggambarkan kehidupan para nelayan. Tarian yang menceritakan tentang aktivitas sekelompok nelayan di laut dan wanita-wanita yang menunggu di sekitar pantai ini biasa ditarikan oleh lebih dari 5 orang.

Dan ini adalah tujuh tempat wisata di Brunei yang paling terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan, Masjid Sultan
Omar Ali Saifuddin, Taman Nasional Ulu Temburong, Tasek Lama Recreationl Park, Kampong Ayer, Museum Kerajaan Regalia, Wisata Pantai, Pusat Perbelanjaan Gadong.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait