Gewsima : UMK bukan untuk karyawan saja, Guru Honorer juga perlu perhatian

Keterangan Fhoto : - Anggota DPRD Kotabaru, Gewsima Mega Putra

Kotabaru, kalselpos.com – Mengikuti aksi kaum buruh yang terjadi dimana-mana, yang meminta kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) sebesar 15 persen, tentunya menjadi perhatian bersama, dan beberapa waktu lalu juga telah diadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) di DPRD bersama dengan aliansi buruh dan juga instansi terkait guna membahas tuntutan yang disampaikan tersebut.

Hal tersebut juga tak lepas dari pantauan salah satu anggota DPRD Kotabaru, Gewsima Mega Putra. Menurutnya, UMK Kotabaru layaknya juga bisa di implementasikan kepada kalangan guru dan tenaga honorer yang bekerja di pemerintahan daerah.

Bacaan Lainnya

“UMK juga tentunya dapat di terapkan untuk guru dan tenaga honorer, bukan hanya ditekankan kepada para pengusaha yang memiliki karyawan saja,” ungkapnya, Senin (11/12/23).

Dikatakannya lebih jauh, berkaca dari gaji guru yang didapat dari Insenda hanya bergaji Rp800 ribu saja, dan menjadi pertanyaan apakah hal tersebut bisa dikatakan layak setelah bertahun-tahun tidak mengalami kenaikan dan baru bisa dinaikkan menjadi Rp1,5jt di tahun 2024.

“Dari hal itu bisa kita lihat masih jauh dari standar UMK Kotabaru yang berada di angka Rp3,4 juta lebih,” imbuhnya lagi.

Menurutnya, melihat persoalan UMK bukan hanya menggunakan kaca mata kuda, yang mana menjadi sasarannya adalah hanya pengusaha saja. Jangan sampai kenaikan UMK membuat perusahaan gulung tikar, dan memandang UMK itu harus dari semua lini, terutama dalam kebijakan penggajihan di Pemda yaitu untuk guru dan tenaga honorer.

“Kita ketahui bersama mereka merupakan tulang punggung di setiap SKPD sekarang, dan jelas mereka juga layak untuk mendapatkan UMK tersebut. Mudah-mudahan saja hal ini dapat membuka pola pikir kita bersama. Intinya, bukan hanya karyawan saja melainkan juga guru dan tenaga honorer harus menjadi perhatian pula,” tutupnya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait